Review: Launching Tim, Arema FC Bungkam PSIS Semarang

Arema FC sukses meraih kemenangan pada laga uji coba mereka kontra PSIS Semarang. Dalam pertandingan yang dihelat berbarengan dengan launching tim dan jersey mereka di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Sabtu (04/5), Arema menang dengan skor 1-0.

Gol semata wayang dalam pertandingan ini dicetak Johan Ahmat Farizi pada menit keenam. Fullback kiri Arema ini menyundul bola umpan sepakan bebas Makan Konate, dari sisi kanan pertahanan PSIS.

Setelah pertandingan ini, Arema bakal mendapat giliran bertandang ke kandang PSIS Semarang. Klub berlogo singa mengepal ini bakal bertamu ke Stadion Moch Soebroto Magelang, Sabtu (11/05).

Jika tak ada perubahan jadwal, usai pertandingan ini, Arema akan tinggal di Magelang, untuk menyiapkan diri jelang laga pertama mereka di kompetisi Liga 1 musim 2019. Mereka dijadwalkan bakal menghadapi PSS Sleman pada laga pembuka Liga 1 musim 2019, yang akan dihelat pada Rabu (15/5).

PSIS langsung membangun serangan begitu laga dimulai. Melalui permainan dari kaki ke kaki yang dipandegani Patric Motta, Laskar Mahesa Jenar langsung menekan pertahanan Arema.

Arema sendiri tak mau kalah. Mereka mengandalkan direct ball ke lini depan untuk keluar dari tekanan tim tamu.

Lima menit pertandingan berjalan, Bayu Nugroho lepas dari kawalan pemain belakang Arema dan melepas umpan silang ke jantung pertahanan tuan rumah. Namun, sepakan Komaruddin, menyambut umpan ini, masih melenceng dari sasaran.

Semenit berselang, Arema langsung membalas dan mencetak gol. Memanfaatkan umpan sepakan bebas Makan Konate, Johan Ahmat Farizi menanduk bola dan membobol gawang PSIS, yang dikawal Joko Ribowo.

Tertinggal satu gol, PSIS kembali menggebrak pertahanan Arema. Kali ini, kendati masih memainkan umpan-umpan pendek, mereka meningkatkan tempo permainan.

Menit 11, PSIS mendapat peluang melalui Hery Nur Yulianto. Namun, sepakan keras kapten tim PSIS ini masih tepat mengarah ke dekapan kiper Arema, Kurniawan Kartika Ajie.

Empat menit berselang, Arema nyaris menggandakan keunggulan melalui sundulan Sylvano Comvalius. Namun, Joko Ribowo kali ini sigap menepis bola yang menukik ke gawangnya.

Menit 25, Comvalius kembali mendapat peluang di kotak penalti PSIS. Tapi, upayanya mencetak gol gagal setelah bolanya diserobot pemain belakang PSIS dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Dua menit berselang, giliran PSIS membahayakan gawang Arema. Namun, sepakan Komaruddin -menerima umpan Bayu Nugroho- masih melambung di atas gawang Arema.

Hendro Siswanto mendapat giliran mengancam gawang PSIS melalui sepakan jarak jauhnya pada menit 31. Namun, bola sepakan gelandang Arema ini masih melenceng ke sisi gawang PSIS.

PSIS mendapat peluang emas pertama mereka pada menit ke-32. Lolos dari kawalan lini belakang Arema, Komaruddin menerobos ke kotak penalti. Namun, Kartika Ajie sigap menghalau bola dari penguasaan pemain sayap PSIS ini.

Arema mendapat peluang terakhir mereka pada babak pertama kala Hamka Hamzah melepas sepakan bebas ke gawang Joko Ribowo. Namun, bola masih melambung di atas gawang.

Babak kedua, Arema mengubah komposisi mereka. Kurniawan Kartika Ajie, Hanif Sjahbandi, Ricky Kayame, dan Johan Ahmat Farizi ditarik. Sebagai penggantinya, Arema memasukkan Utam Rusdiyana, Jayus Hariono, Dedik Setiawan, dan Ricky Ohorella.

Dua menit babak kedua berlangsung, PSIS mendapat peluang menyamakan kedudukan. Namun, Utam berhasil menghalaubola yang mengarah ke gawangnya.

Berusaha meningkatkan daya dobrak mereka, PSIS pun mengubah komposisi pemain mereka. Menit 50, mereka memasukkkan Aldair Makatindu untuk menggantikan Bayu Nugroho, yang ditarik keluar.

Menit 56, Arema mendapat peluang untuk menggandakan keunggulan mereka setelah Makan Konate mampu mengecoh barisan belakag PSIS. Namun, Joko Ribowo keluar dari sarangnya dan berjibaku menghalau bola dari penguasaan gelandang lincah Arema ini.

PSIS kembali mengubah komposisi pemainnya pada menit 62. Mereka memasukkan Shohei Matsunaga untuk menggantikan Tegar Infantri.

Perubahan pemain di kubu PSIS ini tak mampu mengubah jalannya permainan. Laskar Mahesa Jenar, kendati mampu mencetak sejumlah peluang melalui serangan balik, masih terus gagal mencetak gol ke gawang Arema.

Menit 77, Matsunaga Shohei melepas sepakan keras ke gawang Arema. Namun, Sandi Firmansyah, yang kali ini dipercaya mengawal gawang Arema, mampu menepis bola yang meluncur deras ke gawangnya.

Lima menit berselang, giliran Wallace Costa yang mengancam gawang Arema. Namun, sepakan stopper asal Brasil ini masih menyamping gawang tuan rumah.

Jelang laga berakhir, PSIS terus menekan pertahanan Arema. Namun, serbuan-serbuan Laskar Mahesa Jenar selalu kandas di lini belakang Arema.

Alih-alih mencetak gol, PSIS justru nyaris kebobolan pada menit terakhir. Namun, beruntung bagi mereka, Joko Ribowo tampil gemilang dan mampu menghalau dua sepakan beruntun yang mengarah ke gawangnya. (bolanet/mia)

Bagikan post ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

1 + seven =