Review: Comeback Luar Biasa

Luar Biasa, dua kata itulah yang patut disematkan pada pemain Arema FC saat melakoni pertandingan perdana babak penyisihan Piala Presiden grup E. Melawan Barito Putera, Senin (4/3) di stadion Kanjuruhan, tim Singo Edan mampu membalikkan keadaan dari tertinggal 2-0 menjadi 3-2 hanya dalam waktu kurang dari 15 menit.

Tiga gol dari Dedik Setiawan (2 gol) dan Ahmad Nur Hardianto membawa Arema meraih kemenangan atas perlawanan sengit tim Barito Putera. Dua gol Barito Putera diciptakan oleh Yakob Sayuri dan Evan Dimas.

Babak Pertama

Pada babak pertama kedua tim nampak saling menunggu, tak ada yang berani benar benar menyerang secara total pada babak ini. Bola lebih banyak bergulir di lini tengah. Namun kedua tim bukan tanpa peluang. Arema menciptakan peluang pertama melalui Dedik Setiawan pada menit 12 namun sepakannya masih membentur tiang gawang.

Peluang kembali didapatkan tim Singo Edan pada menit 31. Melalui serangan balik cepat, Ridwan Tawainella berdiri bebas untuk melepaskan sepakan namun pemain Barito Putera masih mampu memblok di dalam kotak penalty. Arema kembali mencoba membuka skor pada menit 37, sepakan melengkung Dendi Santoso masih bisa ditepis oleh kiper Barito Putera, Yoo Jae Hoon.

Tim Barito Putera juga menciptakan beberapa peluang namun tak terlalu membahayakan gawang Arema. Babak pertama pun skor masih imbang 0-0.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, pertandingan menjadi lebih seru. Arema FC berani bermain lebih terbuka. Hal ini pun mampu dimanfaatkan oleh Barito Putera dengan baik. Mereka beberapa kali mampu menciptakan peluang yang lebih berbahaya daripada babak pertama.

Menit 50, sepakan Bayu Pradana melambung tipis di atas mistar gawang Arema. Barito Putera pun membuat kejutan pada menit 63, umpan terukur Andri Ibo mampu diselesaikan dengan baik oleh sundulan kepala Yakob Sayuri. Gol ini terjadi juga salah satunya karena kesalahan koordinasi antara kiper dan pemain belakang. Utam terlihat akan maju memotong bola namun justru tak jadi sehingga pemain belakang tak mengawal pergerakan dari pemain Barito. Skor 1-0 untuk Barito Putera.

Ribuan Aremania yang hadir di stadion Kanjuruhan kembali terhentak saat Evan Dimas pada menit 66 menciptakan gol kedua Barito Putera. Dia mampu memanfaatkan kesalahan umpan yang dilakukan oleh Jayus Hariono. Sepakan pertama mampu ditepis oleh Utam Rusdiana namun bola rebound mampu dia manfaatkan dengan baik.

Barito Putera kembali mengancam pada menit 68, namun sepakan Samsul Arif masih melambung di atas mistar gawang Arema. Tim Singo Edan pun lebih keluar menyerang dan mencoba mengejar ketertinggalan. Menit 69, pemain pengganti Ricky Kayame hampir saja menciptakan gol namun sepakannya masih diblok pemain belakang Barito Putera.

Gol pertama Arema akhirnya datang pada menit 78, melalui kemelut di penalty Barito Putera, Dedik Setiawan mampu menyambar bola untuk membuat skor berubah menjadi 1-2 masih untuk keunggulan tim lawan. Gol ini membuat serangan tim Arema kian gencar. Pada menit 81, Makan Konate yang berliak liuk di kotak penalty mampu melepaskan sepakan keras yang masih bisa ditepis oleh Yoo Jae Hoon.

Hamka Hamzah mencatatkan peluang pada menit 86, namun sundulan kerasnya masih bisa ditepis oleh Yoo Jae Hoon. Semenit kemudian giliran Makan Konate yang mengancam namun sepakan kerasnya masih bisa diamankan dengan baik oleh kiper Barito Putera.

Gemuruh Kanjuruhan membahana saat pertandingan memasuki menit 90, umpan terukur Ricky Kayame mampu disambut dengan baik oleh Ahmad Nur Hardianto yang meneruskan dengan sundulan kepala. Skor pun berubah imbang 2-2.

Pada masa injury time menit 93, Arema sebenarnya mampu menciptakan gol melalui kaki Dedik Setiawan namun hakim garis menganggap pemain bernomor punggung 27 tersebut berada dalam posisi offside. Namun dua menit kemudian, Dedik Setiawan benar benar membuat stadion Kanjuruhan bergemuruh. Dia mampu memanfaatkan umpan sundulan kepala Hamka Hamzah,dengan satu sontekan gol ketiga terjadi. Skor 3-2 sekaligus menjadi akhir pertandingan seru tersebut.

Hasil ini membawa Arema FC berada di posisi dua klasemen sementara, kalah selisih gol dari Persela Lamongan yang pada laga pertama menang atas Persita Tangerang dengan skor 2-0. Selanjutnya tim Singo Edan akan meladeni perlawanan Persela, Sabtu (9/3) di stadion Kanjuruhan.

 

Bagikan post ini
  • 423
  •  
  •  
  •  
  •  
    423
    Shares

Leave a Reply

three × 4 =