Bulan Puasa, Intensitas Latihan Arema FC Diturunkan

Arema FC menjalani latihan perdana di bulan Ramadan, Selasa (7/5/2019). Hamka Hamzah dkk. kembali latihan setelah mendapatkan libur dua hari setelah peluncuran tim, Sabtu (4/5/2019).

Pelatih Arema, Milomir Seslija, mengaku akan memangkas durasi latihan untuk menghormati pemainnya yang mayoritas muslim.

“Latihan tetap berjalan normal. Memang lebih singkat waktunya, tapi program dibuat efektif dan lebih padat,” kata Milo seperti dikutip dari bolacom.

Sesi latihan pada Selasa (7/5/2019), dimulai lebih sore, yakni jam 15.45 WIB dan sekitar jam 17.00 WIB. Biasanya Arema melakukan latihan mulai jam 14.30 WIB. Untuk sementara, Arema belum memiliki agenda latihan malam di bulan Ramadan.

“Biasanya lebih awal karena khawatir hujan. Cuaca bisa mengacaukan latihan kami. Tapi, karena sekarang puasa, tentu programnya diundur dan latihan selesai mendekati buka puasa. Intinya, latihan akan lebih efisien,” jelas pelatih asal Bosnia ini.

Milo juga percaya pemainnya sudah siap menjalani latihan sambil berpuasa. Di awal latihan memang berat, tetapi selanjutnya, mereka akan terbiasa.

“Terpenting, kami percaya latihan saat Ramadan, Tuhan akan memberikan kekuatan tambahan,” tegasnya.

Biasanya, Milo memberlakukan aturan kepada pemain non-Muslim untuk respek saat latihan di bulan Ramadan. Caranya, mereka yang haus tidak diperbolehkan minum di sembarang tempat sehingga jika sudah tidak bisa menahan, air mineral sudah disiapkan di lorong ganti pemain. Dengan begitu, mereka tetap menghormati pemain yang sedang puasa dalam latihan.

Milo akan melihat kondisi pemainnya dalam latihan besok. Jika pemain sudah banyak yang ngos-ngosan, dia akan menurunkan ritme latihan.

“Akan kami lihat seperti apa besok latihan. Semoga semua sudah siap untuk latihan dengan puasa,” lanjutnya.

Selain itu, dia berkomunikasi dengan dokter tim Arema untuk memberikan arahan kepada pemain bagaimana mengatur pola makan ketika menjalani puasa. Terutama untuk menu buka dan sahur sehingga saat latihan, kondisinya tidak drop. (bolacom/mia)

Bagikan post ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

17 − sixteen =