Utam Rusdiana dan Kemenangan

Anda mungkin boleh kurang suka dengan performa Utam Rusdiana yang terkadang bikin gregetan baik saat nonton langsung di stadion atau melalui televisi. Namun catatan kemenangan Arema FC musim 2019 ini selalu didapatkan saat Utam bermain sebagai kiper inti.

Sejak tak adanya Kurnia Meiga, pemilihan kiper yang bermain tiap laga selalu berdasarkan performa saat laga sebelumnya dan latihan rutin yang dilakukan. Musim ini nampaknya terlihat akan menjadi musim milik Kurniawan Kartika Ajie, pertama karena penampilan apiknya saat Piala Presiden ditambah adanya sang pendamping membuat secara mental dia lebih siap.

Kartika Ajie pun terpilih menjadi kiper utama pada dua laga awal yaitu saat melawan PSS Sleman dan Borneo FC. Namun dua laga ini dilalui Arema FC dengan kekalahan bahkan kebobolan lima gol. Meski secara performa Ajie juga tak buruk tapi bagaimanapun seorang kiper akan dinilai dari berapa jumlah gol yang bersarang ke gawangnya.

Pergantian kiper kemudian terjadi pada pekan ketiga Shopee Liga 1 saat Arema menang melawan Persela Lamongan. Utam Rusdiana dipercaya mengawal gawang tim Singo Edan selama 90 menit. Dua gol bersarang ke gawang kiper asal Sidoarjo namun Arema berhasil menyarangkan tiga gol ke gawang lawan.

Kompetisi kemudian rehat karena libur hari raya Idul Fitri. Kompetisi antar kiper kembali dimulai melalui latihan. Adalah Kartika Ajie yang kembali dipercaya tampil sebagai kiper inti saat Arema melawan Tira Persikabo. Tak ada cela sebenarnya selama 90 menit waktu normal, hanya ada satu kebobolan saja namun bisa ditutup dengan performanya yang lain.

Tapi saat masa injury time malapetaka itu terjadi saat Ajie. terpeleset saat berusaha mengejar bola hasil sepakan jarak jauh Farfait Essengue. Kekalahan pun harus diderita Arema FC dengan skor 1-2. Tak heran kemudian ada suara yang ingin agar Kartika Ajie dicadangkan namun tak sedikit pula yang ingin agar dia kembali tampil.

Ternyata saat lawan Persipura, tim pelatih memilih menurunkan Utam Rusdiana sebagai kiper utama. Terlepas kebobolan satu gol namun sepanjang pertandingan Utam tampil tenang terutama saat Persipura menciptakan peluang dia selalu berada di posisi yang tepat. Satu hal lagi, Arema kembali meraih kemenangan.

Menarik jika melihat catatan awal musim 2019 ini. Jika Utam Rusdiana bermain sebagai kiper utama maka kemenangan akan didapat, namun dia butuh diuji saat laga away apakah tuah seorang Utam masih berlaku.

Melihat catatan musim 2018 lalu, dari 18 kali bermain catatan Utam Rusdiana untuk kemenangan dan kekalahan seimbang. Dia mencatatkan kemenangan 8 kali, kekalahan juga 8 kali sementara dua kali hasil imbang. Mayoritas kemenangan saat Arema bermain di laga kandang dan kekalahan saat Arema melakoni laga away.

Ayo Utam tunjukkan tuah kemenanganmu lagi

Bagikan post ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

2 × 3 =