Siapkan 1000 Personil, Polisi Pastikan Bonek Tak Datang di Stadion Kanjuruhan

Arema FC bakal menjamu Persebaya di laga lanjutan Liga 1 2018 akhir pekan ini. Derby terpanas Jawa Timur ini tentunya menyedot banyak penonton. Polisi pun sudah menyiapkan skema pengamanan.

Laga pekan ke-42 antara Arema dengan Persebaya bakal digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (30/9/2018) sore. Selama pertemuan di kancah sepakbola nasional, Arema unggul tipis atas Persebaya.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan, jumlah personel pengamanan akan ditambah hingga mencapai 1.000 orang.

“Personel, sarpras (Sarana dan prasarana) pengamanan sudah kita siapkan. Rencana menerjunkan 1.000 personel pengamanan dalam laga itu,” ungkap kapolres seperti dikutip dari detikcom.

Peraih bintang Wiyata Cendekia ini menambahkan, langkah pengamanan untuk laga bigmacth tersebut sudah dibuat.

Pertama, ujar Yade, adanya kesepakatan dari kedua klub dan suporter yang masing-masing tidak mengirimkan suporter untuk memberikan dukungan langsung di kandang lawan. Tentunya kesepakatan ini, sedikit menurunkan kekhawatiran akan terjadinya gesekan antar kedua suporter saat laga berlangsung.

Kedua, masih kata Yade, hubungan baik antara Aremania –julukan suporter Arema FC dengan Arema Police merupakan bagian dari Aremania terjalin sangat baik dan guyub.

“Pada beberapa kesempatan sebelumnya, teman-teman aremania selalu membantu dan turut serta bersama Polres Malang menjaga keamanan dan kondisifitas wilayah Malang saat pertandingan-pertandingan sepak bola,” kata Yade.

Ketiga, persiapan akan rencana pengamanan terhadap laga panas musim ini sudah dilakukan.

“Rabu besok, kita akan laksanakan rakor pengamanan di Polda Jatim, yang melibatkan Polres-Polres korwil Malang, dan Polres-Polres wilayah Surabaya, Gresik, Perak dan Madura untuk antisipasi jalur. Kita juga sudah dua kali rapat dengan Panpel Arema dan korwil Aremania terkait solusi tiket,” sambung penggagas Operasi Camar Maleo ini.

Ditambahkan, pasca rapat koordinasi di Polda Jawa Timur Rabu (26/9/2018), besok. Pihaknya juga akan melaksanakan pengamanan teknis di hari berikutnya di Polres Malang.

“Termasuk saat technical meeting dengan kedua kesebelasan dan penyelenggara,” ungkap Yade.

Untuk pengamanan pemain dari tim tamu, Yade mengaku akan melaksanakan sesuai dengan SOP yang diberlakukan. “Kami pastinya mengacu kepada SOP, apakah itu membawa pemain dengan kendaraan baracuda menuju dan saat meninggalkan stadion,” tegasnya.

Arema FC sendiri masih berada di posisi 13 dengan mengumpulkan 28 poin dari 23 pertandingan yang dilalui. Sementara Persebaya unggul satu digit dengan 29 poin dari 23 pertandingan dan membawanya bertengger di posisi 11 klasemen sementara Liga 1 2018.

Sumber: detikcom

Bagikan post ini
  • 475
  •  
  •  
  •  
  •  
    475
    Shares

Leave a Reply

eighteen − eight =