Review: Comvalius Apik, Arema FC Bungkam Persipura 3-1

Arema FC mampu bangkit dari kekalahan pada lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 musim 2019. Menjamu Persipura Jayapura, Kamis (4/7) di stadion Gajayana Malang, tim Singo Edan mampu menang dengan skor 3-1.

Tiga gol Arema FC dicetak Dedik Setiawan (dua gol) dan Makan Konate. Sementara satu gol Persipura tercatat atas nama gol bunuh diri Hamka Hamzah. Namun yang menarik dari pertandingan ini adalah moncernya penampilan Sylvano Comvalius yang kembali bermain sejak menit awal. Ia menyumbangkan dua assist untuk dua gol Dedik Setiawan.

Babak pertama

Arema tak banyak mengubah komposisi tim, ada tiga nama baru yang dimainkan yaitu Utam Rusdiana, Jayus Hariono dan Sylvano Comvalius. Tim Singo Edan menerapkan permainan menyerang sejak awal pertandingan.

Pada menit enam, Makan Konate membuka peluang pertama namun sepakannya mampu ditepis oleh kiper Persipura, Dede Sulaiman. Tak menunggu lama, pada menit tujuh Arema mampu mengubah skor menjadi 1-0 setelah Makan Konate berhasil memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Comvalius.

Gol ini berawal dari umpan apik dari Dendi Santoso kepada Comvalius. Striker asal Belanda ini mampu lolos jebakan offside dan kemudian melewati kiper Persipura. Sepakannya sudah mengarah ke gawang namun bisa diselamatkan oleh Tinus Pae. Namun bola pantul mengarah ke Konate yang dengan sigap langsung menceploskan bola ke gawang.

Serangan Arema kian gencar setelah gol pertama. Pada menit 21 melalui serangan yang dibangun dengan apik, Comvalius mampu mengirimkan umpan dengan ciamik kepada Dedik Setiawan. Striker bernomor punggung 27 ini mampu meneruskan bola dengan baik yang tak mampu dihalau oleh Dede Sulaiman. Skor pun berubah menjadi 2-0.

Persipura membuat peluang pertama pada menit 36 melalui sepakan bebas Oh In Kyun yang bisa diamankan dengan baik oleh Utam Rusdiana. Babak pertama ditutup dengan skor 2-0 untuk keunggulan Arema.

Babak kedua

Memasuki babak kedua, kondisi cuaca dengan hujan deras mempengaruhi jalannya pertandingan. Selain lapangan yang licin dikarenakan hujan tak kunjung reda membuat lapangan mulai tergenang air 10 menit akhir babak kedua.

Persipura tampil lebih menyerang pada babak kedua. Pada menit 58, Ibrahim Conteh melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti namun beruntung tak mengarah ke gawang. Arema mampu memanfaatkan permainan menyerang Persipura dengan melakukan serangan balik cepat.

Pada menit 63, Comvalius lolos dari kawalan pemain Persipura dan meneruskan bola kepada Dedik Setiawan yang kemudian mampu menciptakan gol ketiga Arema pada pertandingan tersebut.

Tak ingin menjadi bulan bulanan Arema, Persipura tetap menampilkan permainan menyerang. Pada menit 76, Mamadou Samassa mampu melepaskan sepakan bebas namun hanya menyamping di sisi kiri gawang Arema.

Ancaman kembali diberikan Persipura pada menit 84 melalui sepakan keras Gunansar Mandowen, namun Utam Rusdiana mampu mengamankan dengan baik. Praktis pada akhir babak kedua Arema dikurung oleh pemain Persipura ditambah dengan kondisi lapangan yang buruk juga membuat Makan Konate dkk tak mampu mengembangkan permainan.

Usaha Persipura akhirnya membuahkan hasil pada menit 86, sepakan bebas Oh In Kyun berhasil diteruskan oleh Valentino Telaubun. Sundulan dari Valentino ini coba dihalau oleh Hamka Hamzah namun justru masuk ke gawang sendiri yang membuat skor berubah menjadi 3-1.

Kemenangan ini membuat Arema FC naik ke posisi 12 klasemen sementara dengan poin enam. Selanjutnya, Hendro Siswanto dkk akan melawat ke kandang Semen Padang pada 12 juli 2019 di stadion Haji Agus Salim.

Bagikan post ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

11 + thirteen =