Kalahkan Kalteng Putra, Arema Melaju ke Final Piala Presiden

Arema sukses meraih kemenangan pada laga leg kedua Semifinal Piala Presiden 2019, kontra Kalteng Putra. Dalam pertandingan yang dihelat di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Jumat (05/04), skuat besutan Milomir Seslija ini menang tiga gol tanpa balas.

Gol-gol Arema pada laga yang juga disiarkan langsung oleh Indosiar ini dicetak Dedik SetiawanJohan Ahmat Farizi, dan Ricky Kayame.

Kalteng Putra mengawali pertandingan ini dengan agresif. Mengandalkan permainan kombinasi umpan pendek dan satu-dua sentuhan, Laskar Isen Mulang coba membongkar pertahanan Arema.

Sementara, Arema sendiri lebih banyak menunggu di area pertahanan mereka sendiri. Kontras dengan sang lawan, klub berlogo singa mengepal tersebut lebih banyak mengandalkan serangan balik untuk coba balik mengancam pertahanan Kalteng Putra.

Delapan menit laga berjalan, Patrich Wanggai mendapat peluang pertama membawa timnya memperkecil ketertinggalan agregat gol mereka dari Arema. Namun, Arthur Cunha da Rocha masih sigap mengahalau bola.

Semenit berselang, justru gawang Kalteng Putra kebobolan. Berawal dari miskomunikasi antara Riky Pambudidan Boby Satria kala menghalau bola yang masuk kotak penalti, Dedik Setiawan justru mendapat bola liar. Tanpa kesulitan, Dedik menyundul bila ke gawang yang sudah melompong.

Kian jauh tertinggal pada agregat gol, Kalteng Putra kian menggencarkan tekanan mereka. Namun, alih-alih mampu mencetak gol, gawang skuat besutan Gomes de Oliveira ini justru kebobolan pada menit ke-20.

Makan Konate yang mengeksekusi sepakan bebas di muka kotak penalti Kalteng, mengirim bola ke tiang jauh. Arthur, yang maju membantu penyerangan, mengembalikan bola ke tengah kotak penalti. Tanpa kesulitan, Johan Ahmat Farisi -yang tak terkawal- menceploskan bola ke gawang Kalteng Putra.

Tertinggal dua gol, permainan penggawa Kalteng Putra kacau. Mereka kerap melakukan kesalahan-kesalahan sendiri. Hal ini dimanfaatkan Arema untuk bisa memainkan tempo permainan.

Menit 40, Arema kembali menambah pundi-pundi gol mereka. Ricky Kayame lepas dari kawalan lini belakang Kalteng Putra dan melepas sepakan dari sudut sempit di kanan gawang. Bola membentur Riky Pambudi kemudian menghantam sisi dalam tiang kiri dan bersarang di dalam gawang Kalteng Putra.

Unggul tiga gol tak membuat Arema menurunkan tensi permainan mereka. Namun, hingga babak pertama usai, tak ada tambahan gol tercipta.

Kalteng Putra kembali tampil menggebrak pada mula babak kedua. Mereka langsung menggempur pertahanan Arema begitu pertandingan babak kedua dimulai.

Masih mengandalkan Diogo Campos dan Patrich Wanggai, Laskar Isen Mulang terus berupaya menekan lini pertahanan Arema. Namun, para penggawa Arema masih sigap mempertahankan gawangnya dari serbuan penggawa tuan rumah.

Alih-alih mampu memperkecil ketertinggalan, gawang Kalteng Putra justru nyaris kembali kebobolan pada menit 54. Kali ini, Kayame sukses melambungkan bola melewati atas kepala Riky Pambudi. Namun, Rafael de Jesus Bofim sukses menghalau bola yang menukik ke gawang Kalteng Putra.

Nyaris kebobolan, tak membuat Kalteng Putra jera menyerang pertahanan Arema dengan sporadis. Masih mengandalkan Diogo Campos, sebagai motor serangan, mereka terus coba membongkar benteng pertahanan Arema.

Menit 55, Kalteng Putra mendapat peluang melalui sepakan jarak jauh Rizky Dwi. Namun, bola masih melenceng tipis di sisi gawang Kurniawan Kartika Ajie.

Dua menit berselang, giliran Wanggai yang mengancam gawang Arema. Namun, kali ini, bola melambung di atas gawang Kartika Ajie.

Arema sendiri tetap mencoba bermain cerdik. Alih-alih mengikuti tempo permainan Kalteng Putra, mereka memilih untuk bermain dengan cara mereka sendiri.

Kalteng Putra mampu mendominasi jalannya pertandingan. Namun, belum ada upaya mereka yang mampu memperkecil ketertinggalan.

Menit 82, Laskar Isen Mulang mendapat peluang melalui sepakan bebas Fajar Handika, yang mengarah ke gawang Arema. Namun, Kurniawan Kartika Ajie mampu menepis bola yang meluncur deras tersebut.

Memasuki injury time, Arema memainkan possession football. Mereka lebih memilih untuk menguasai bola dengan saling mengumpan antar pemain. Walhasil, sampai pertandingan usai, Kalteng Putra tak mendapat kesempatan lagi untuk membahayakan gawang mereka.

Dengan kemenangan ini, Arema lolos ke partai puncak Piala Presiden 2019. Mereka unggul dengan agregat 6-0 atas Kalteng Putra. Pada leg pertama, yang dihelat di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Selasa (02/4) lalu, Arema juga menang tiga gol tanpa balas.

Di partai final, yang merupakan All Jatim’s Final, Arema akan menghadapi pemenang antara Persebaya Surabaya dan Madura United. Pertandingan ini akan dihelat pada dua leg, yang bakal digelar pada 9 dan 12 April mendatang. (bolanet)

Bagikan post ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

eighteen − 1 =