Australia Benarkan Kerjasama Dengan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Federasi Sepak Bola Australia (FFA) mengonfirmasi pihaknya melakukan pembicaraan dengan Indonesia, dalam hal ini PSSI, kaitannya dengan rencana untuk maju bersama dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2034.

“Federasi Sepak Bola Australia mengkonfirmasi telah mengadakan diskusi dengan Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) tentang kemungkinan untuk bersama-sama mengajukan tawaran untuk jadi tuan rumah Piala Dunia 2034,” kata FFA dalam sebuah pernyataan.

“Rencana pencalonan bersama Indonesia-Australia ini juga dibahas pada Pertemuan Dewan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) pekan lalu di Laos,” lanjut FFA.

Pernyataan FFA itu muncul beberapa hari setelah penyataan Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, yang mengatakan 10 negara dari kawasan ASEAN, termasuk Indonesia, akan mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama turnamen sepak bola terakbar sejagat itu dalam sebuah konferensi pers di Bangkok (23/6/2019).

FFA mengetahui rencana negara di ASEAN itu telah disahkan dalam KTT ASEAN pekan lalu.

“FFA menyambut baik kesempatan untuk membahas lebih lanjut bidding yang dilakukan ASEAN untuk Piala Dunia 2034 dengan sesama Asosiasi Anggota di kawasan itu,” tambah pernyataan FFA.

Australia bukan termasuk negara ASEAN, namun mereka gabung dengan 10 negara ASEAN itu dalam AFF (Asosiasi Sepak Bola ASEAN) bersama Timor Leste.

Secara khusus, keterlibatan kembali Australia dalam pencalonan menuju tuan rumah Piala Dunia kembali muncul untuk kali pertama dalam sembilan tahun terakhir. Australia mengikuti bidding untuk jadi tuan rumah Piala Dunia 2022, yang secara kontroversial akhirnya dimenangi Qatar.

FFA dan PSSI diyakini sudah menggelar diskusi bersama pemerintah masing-masing. Secara khusus, dalam beberapa bulan mendatang, FFA akan kembali bertemu Pemerintah Federal Australia untuk mematangkan rencana ini.

Selain berminat jadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034, FFA sudah terlibat dalam persaingan jadi host Piala Dunia Wanita 2023, dan menariknya, FFA juga dikabarkan sedang mempertimbangkan bekerja sama dengan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 edisi 2021.

Untuk hal satu itu, beberapa waktu lalu PSSI sudah mengajukan diri secara resmi kepada FIFA, namun seorang “diri” alias tidak menggandeng negara lain untuk maju dalam pencalonan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. (bolacom/mia)

Bagikan post ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

4 + 1 =