Vanuatu, Timnas Indonesia Dilarang Meremehkan

Nama Vanuatu mungkin masih asing bagi pencinta sepak bola Indonesia. Tak salah, karena timnas dari negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan itu sangat jarang melakoni partai tandang di luar konfederasi mereka.

Vanuatu Football Federation (VFF) tergabung dalam Konfederasi Sepak Bola Oceania (OFC). VFF berdiri pada 1934 dan gabung FIFA pada 1988.

Selama ini Timnas Vanuatu lebih senang bertanding dengan tim sesama negara anggota OFC di kawasan Oseania saja. Sangat jarang mereka keluar dari kawasan itu, apalagi melawan tim dari luar anggota OFC.

Sekali waktu, mereka bertanding melawan timnas dari Eropa Utara, yakni Estonia. Bisa ditebak, Estonia yang mendatangi Timnas Vanuatu.

Pertandingan ini berlangsung pada 24 November 2017 di stadion kebanggaan Vanuatu, Port Vila. Estonia dipaksa bekerja keras sebelum akhirnya memenangi laga ini dengan skor tipis 1-0.

Setelah itu, sepanjang 2018 hingga awal 2019 ini, Vanuatu kembali menghadapi tim-tim tetangga, semisal Kaledonia Baru, Tahiti, dan Fiji.

Jika mendengar sepak bola di kawasan Oseania, yang terbayang dalam benak pencinta sepak bola Indonesia mungkin adalah: lemah, bisa jadi lumbung gol.

Hal itu tak sepenuhnya salah. Mengacu pada ranking FIFA per 4 April 2019, dari 11 anggota OFC yang terdaftar di FIFA, hanya dua negara yang ada di posisi 140 besar, yakni Selandia Baru (119) dan Kepulauan Solomon (139).

Sisanya tersebar di ranking lebih rendah, bahkan ada menduduki posisi paling buncit, yakni ke-203, yang dihuni Tonga.

“Kualitas” sepak bola di kawasan OFC sempat “diselamatkan” Australia sebelum negara itu memilih pergi dan gabung AFC pada 2006. Kini posisi terkuat di OFC diambil alih Selandia Baru.

Lantas di mana posisi Vanuatu, calon lawan Timnas Indonesia? Masih dari data sama, tak selayaknya Indonesia memandang rendah lawan dari negara kepulauan indah ini.

Vanuatu, per 4 April 2019, menduduki ranking FIFA ke-166 dengan poin 991. Indonesia? Hanya tujuh peringkat lebih baik di atas Vanuatu. Tim Garuda menduduki peringkat ke-159 dengan poin 1008.

Jadi, mengalahkan Timnas Vanuatu bukan semudah membalikkan telapak tangan, apalagi menang telak. Meski, pertandingan nanti digelar di tempat sakral bagi Timnas Indonesia, Stadion Utama Gelora Bung Karno. (bolacom/mia)

Bagikan post ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

17 − 13 =