Review: PS Tira Persikabo Permalukan Arema FC

Target sapu bersih Arema FC pada laga kandang musim ini dipastikan gagal terealisasi. Ini setelah PS Tira Persikabo mampu menjungkalkan perlawanan skuad Singo Edan dengan skor 2-1 di stadion Gajayana Malang, Sabtu (29/6).

Dua gol Tira Persikabo dicetak oleh Osas Saha dan Parfait Essengue sementara Arema hanya mampu menciptakan satu gol melalui kaki Makan Konate. Hasil ini tentu menjadi torehan tak maksimal tim Arema karena diharapkan mampu meraup poin terutama saat laga kandang.

Babak pertama

Arema FC tak banyak mengubah formasi inti, hanya Muhammad Rafli dipilih dimainkan di lini tengah menemani Makan Konate dan Hendro Siswanto. Tim Singo Edan tampil agresif sejak menit awal, bahkan pada menit kelima Dedik Setiawan mencatat peluang pertama namun sepakannya melambung.

Ancaman kembali diberikan Arema FC pada menit 11, umpan crossing Ricky Kayame membahayakan gawang Tira Persikabo namun bisa ditangkap dengan sigap oleh kiper Angga. Tira Persikabo mengancam pada menit 13 melalui serangan balik cepat Ciro Alves. Beruntung sepakan pemain asal Brazil itu masih menyamping.

Tira Persikabo membuat puluhan ribu Aremania yang datang terdiam pada menit 26 saat Osas Saha mampu membuat tim tamu unggul 1-0 setelah menerima umpan matang Rifad Marasabessy. Gol ini membuat Arema terus menggempur lini pertahanan lawan. Namun kuatnya lini belakang membuat pemain Arema kebingungan membongkar pertahanan Tira Persikabo.

Peluang emas terjadi pada menit 43, umpan kepala Muhammad Rafli mampu dihalau oleh Rifad Marasabessy dengan baik. Jika tak mampu dihalau Dedik Setiawan sudah siap mencetak gol sebab gawang sudah ditinggalkan oleh kiper mereka.

Menit 45 sundulan Arthur Cunha hampir saja membuat skor menjadi sama namun keberadaan pemain belakang di garis gawang membuat bola mampu dihalau dengan baik. Babak pertama selesai dengan skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Babak kedua

Memasuki babak kedua, Arema FC memasukkan Sylvano Comvalius untuk menambah tajam lini serang. Belum satu menit berjalan, pemain asal Belanda ini sudah memberikan kontribusi dengan memberikan umpan kepada Makan Konate. Namun sepakan pemain asal Mali ini masih menyamping tipis disisi kiri gawang lawan.

Ancaman kembali diberikan pada menit 47, penetrasi Dedik Setiawan mampu masuk hingga kotak penalti namun sepakannya terlalu pelan dan mengarah tepat ke pelukan kiper Tira Persikabo.

Peluang emas didapat Arema FC pada menit 67 melalui Dendi Santoso. Namun sepakan pemain bernomor punggung 41 ini hanya menyamping tipis di sisi kanan gawang lawan. Satu menit kemudian giliran Makan Konate yang mendapatkan peluang namun sepakan kerasnya justru melambung.

Usaha Arema FC akhirnya membuahkan hasil pada menit 79. Sepakan bebas Makan Konate yang mengarah ke gawang tak mampu dihalau oleh kiper Tira Persikabo. Gol penyama skor ini membuat Arema kian bersemangat untuk mencari gol kemenangan. Namun hingga memasuki menit 90 tak ada peluang berarti yang dibuat kedua tim.

Saat pertandingan seperti akan berakhir imbang. malapetaka terjadi untuk Arema FC. Pada injury time menit ketiga, sepakan langsung Forfeit Essengue dari garis tengah mampu menghujam gawang Arema. Kartika Ajie tak bisa menghalau karena terpeleset sehingga memudahkan bola masuk ke gawang Arema. 2-1 untuk keunggulan Tira Persikabo menjadi skor akhir pertandingan.

Hasil kekalahan ini membuat Arema masih berada di posisi 14 klasemen sementara dengan poin 3. Selanjutnya kemenangan menjadi wajib ketika melawan Persipura Jayapura, Kamis (4/7) di stadion Gajayana Malang.

Bagikan post ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

four × one =