Andriyas Francisco Layak Rebut Kiper Utama Arema

Yanuar Hermansyah angkat bicara soal rencana akan dipromosikannya kiper muda Arema, Andriyas Francisco, ke tim senior. Pelatih Kiper Arema ini mengaku anak asuhnya tersebut memang sudah layak untuk masuk ke tim senior.

Sebelumnya, manajemen Arema menyebut bahwa pada musim 2019 tiap klub wajib mendaftarkan minimal tujuh pemain berusia di bawah 23 tahun. Arema mengaku telah siap memenuhi kewajiban tersebut dengan mendaftarkan tujuh pemain muda mereka untuk berlaga di kompetisi Liga 1.

Salah satu pemain yang direncanakan akan naik kelas adalah Ciko. Penjaga gawang berusia 18 tahun ini bahkan sudah sejak musim lalu berlatih bersama tim senior.

“Menurut saya, Ciko (sapaan karib Andriyas Francisco, red) sudah sangat layak untuk naik ke tim senior. Ia punya potensi untuk bisa menjadi kiper andalan Arema pada masa depan,” ucap Yanuar seperti dikutip dari bolanet.

Selain Ciko, ada beberapa nama lain yang disebut bakal didaftarkan untuk mengisi slot U-23. Nama-nama tersebut adalah Vikrian Akbar, Titan, Jayus Hariono, M. Rafli, dan Hanif Sjahbandi. Sementara, satu slot lain masih belum diputuskan apakah akan diisi pemain jebolan Akademi Arema, atau pemain muda dari luar.

Yanuar menyebut ada banyak kelebihan yang dimiliki Ciko. Pelatih berusia 55 tahun menegaskan bahwa kelebihan kiper asal Trawas Kabupaten Mojokerto tersebut tak terbatas pada kemampuan tekniknya yang di atas rata-rata.

“Ia juga bagus dalam mengomando lini pertahanan. Kepemimpinannya sangat menonjol,” kata pria yang karib disapa Begal ini.

“Selain itu, ia juga punya keberanian dalam melakukan duel satu lawan satu. Ini yang menjadi kelebihan-kelebihan Ciko,” sambungnya.

Begal berharap, dalam sisa waktu yang ada sampai Liga 1 dimulai, akan ada uji coba lagi. Kesempatan ini, menurutnya akan dimanfaatkan untuk mematangkan Ciko.

“Selama ini kan kita melihat penampilan Ciko pada sesi latihan. Kalau nanti ada uji coba, tentu kami akan bisa lebih akurat dalam melihat kemampuannya,” ujar Begal. (bolanet/mia)

Bagikan post ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

4 × four =