Akhir Cerita Impian Timnas U-19: Gagal Lolos Piala Dunia

Timnas Indonesia U-19 tumbang 2-0 dari Jepang U-19 di pertandingan perempat final Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (28/10).

Indra Sjafri menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk menyerang dari sisi sayap kiri. Beberapa kali usaha itu berhasil membuahkan bahaya, contohya pada menit sembilan. Firza akhirnya mendapat peluang menembak dari dalam kotak penalti namun masih bisa diblok lawan.

Di sisi lain, Jepang sendiri juga tak terlalu gegabah main serang. Mereka membangun serangan dengan sabar dan lebih taktis. Uniknya mereka juga lebih fokus untuk menyerbu melalui sektor sayap kanan.

Namun pada menit 11, Jepang sempat mencetak gol melalui sundulan Hashioka, memanfaatkan tendangan bebas. Namun gol dianulir karena ia dianggap sudah dalam posisi offside.

Pada menit 16, Samurai Biru mendapat peluang emas. Satu pemain Jepang sukses menyundul bola crossing dari sayap kanan beruntung arah bola melebar. Indonesia kemudian ganti mengancam pada menit 29 melalui free kick Saddil. Namun bola hanya melambung tipis di atas mistar gawang Jepang.

Pada menit 36, serangan balik Indonesia nyaris berbuah gol. Sayang tendangan Saddil dari dalam kotak penalti sebelah kanan melebar. Namun empat menit kemudian, Jepang malah bisa mencetak gol. Tendangan jarak jauh Higashi dengan kaki kirinya sukses menusuk ke pojok kiri atas gawang Riyandi. Gol ini jadi penutup jalannya babak pertama.

Di babak kedua, Indonesia coba menggebrak. Pada menit 51, Luthfi melepas tembakan jarak jauh setelah Indonesia mendapat sepak pojok. Namun sayang bidikannya tak tepat sasaran.

Merah Putih terus menggedor pertahanan Jepang secara bertubi-tubi. Samurai Biru pun dipaksa bertahan. Namun Jepang justru mendapat peluang emas pada menit 57. Free kick di sisi kanan pertahanan Indonesia berbuah kemelut dan salah satu pemain Samurai Biru akhirnya sukses menendang bola ke gawang. Namun peluang itu bisa digagalkan oleh Riyandi.

Pada menit 65, Indonesia mendapat peluang apik. Umpan terobosan Saddil diterima oleh Witan di dalam kotak penalti. Sayangnya tendangan back heel Witan masih bisa dihadang kiper lawan. Sayangnya, pada menit 70, Indonesia malah kebobolan lagi. Taisei sukses menjebol gawang Riyandi dari jarak dekat.

Sembilan menit kemudian, Tagawa nyaris membuat Jepang unggul lagi. Setelah mendapat crossing dari kanan, ia sukses menendang bola dengan bebas di tengah kotak penalti. Namun untungnya bola malah mengarah keluar lapangan.

Indonesia berusaha keras untuk bisa mengejar ketertinggalannya. Namun semua upaya mereka tak bisa membuahkan hasil hingga babak kedua berakhir. Skuat Garuda Jaya pun akhirnya dipaksa bertekuk lutut dengan skor 2-0.

Hasil ini membuat Indonesia U-19 gagal melaju ke babak semifinal. Mimpi untuk melaju ke Piala Dunia U-20 di Polandia pun buyar. (bolanet)

 

Bagikan post ini
  • 185
  •  
  •  
  •  
  •  
    185
    Shares

Leave a Reply

two × 1 =