Dedik Setiawan Tak Dimainkan, Timnas Indonesia Dikalahkan Singapura

Timnas Indonesia kalah 0-1 ketika menghadapi Singapura dalam matchday pertama Grup B Piala AFF, di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11/2018).

Tampil di markas lawan, bukan halangan bagi Timnas Indonesia bermain menyerang. Pasukan Bima Sakti pun mendapat peluang pertama dari sepak pojok pada menit kedelapan. Namun, situasi itu tidak berbuah manis karena rapatnya lini pertahanan Singapura.

Singapura merespons taktik menyerang yang diusung Timnas Indonesia. The Lions mendapat dua peluang pada menit ke-11. Beruntung, Andritany Ardhiyasa tampil apik dan berhasil mengalau segala ancaman dari sang lawan.

Permainan agresif Singapura membuat lini pertahanan Timnas Indonesia kalang kabut. Hingga menit ke-28, beberapa kali barisan belakang skuat Garuda harus kerja keras menghentikan gempuran pasukan Fandy Ahmad.

Tekanan dari Singapura membuat Timnas Indonesia sulit mengembangkan permainan. Lini tengah tim Merah-Putih kerap gagal mendistribusikan bola ke barisan depan.

Situasi sulit yang dialami Timnas Indonesia kemudian berujung petaka pada menit ke-37. Publik tuan rumah bersorak karena Harris Harun mencetak gol setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Andritany.

Timnas Indonesia masih kesulitan membangun serangan setelah gol Harris. Berbagai upaya yang dilakukan Febri Hariyadi dkk. gagal berbuah positif hingga babak pertama berakhir.

Permainan Timnas Indonesia tidak kunjung membaik setelah turun minum. Beberapa kali Singapura mendapat peluang emas untuk menggandakan kedudukan.

Faris Ramli merupakan satu di antara penggawa Singapura yang menebar ancaman. Pada menit ke-51, sang pemain melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Beruntung, arah bolanya membentur mistar gawang.

Memasuki menit ke-68, Febri mengancam pertahanan Singapura. Penggawa Persib Bandung itu menyisir sisi kiri lapangan. Dia kemudian melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, tetapi bola masih melebar di sisi kiri gawang Hassan Abdullah Sunny.

Timnas Indonesia tidak patah semangat meski dalam kondisi tertinggal. Beberapa kali mereka coba membangun serangan demi memecah kebuntuan.

Akan tetapi, serangan yang dibangun Timnas Indonesia tidak dapat menemui sasaran. Upaya-upaya skuat Bima Sakti kerap dipatahkan lini tengah Singapura.

Selain itu, pertahanan Singapura juga solid dalam pertandingan kali ini. Situasi kian diperparah karena Putu Gede Juniantara mendapat kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras ke penggawa lawan.

Skor 0-1 untuk kekalahan Timnas Indonesia lantas bertahan hingga pertandingan berakhir.

Sumber: bolacom

Bagikan post ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

3 × five =