Singkirkan Persita, Arema FC Lolos 16 Besar Piala Indonesia

Arema FC masih melanjutkan langkah mulusnya di ajang Piala Indonesia. Melawan Persita Tangerang pada leg kedua babak 32 besar Piala Indonesia, Minggu (03/02) di stadion Benteng Taruna, tim Singo Edan kembali meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 3-0 melalui gol Makan Konate, Robert Lima dan Ahmad Nur Hardianto.

Hasil ini membuat Arema melaju ke babak 16 besar dengan unggul agregat gol 7-1. Pada leg pertama lalu, tim Singo Edan menang dengan skor 4-1.

Babak Pertama

Pelatih Milomir Seslija tak terlalu banyak mengubah formasi pada leg kedua. Hanya memainkan Makan Konate yang sudah kembali bergabung serta Jayus Hariono yang menggantikan posisi Hendro Siswanto yang tak dibawa ke Tangerang.

Dengan formasi menyerang ini, Arema FC pun menekan sejak awal pertandingan. Bahkan saat laga baru berjalan pada menit 3, memanfaatkan bola muntah hasil sepak pojok, Alfarizi melepaskan sepakan dari luar kotak penalty yang masih bisa diamankan oleh kiper Persita yang dikawal oleh Yogi Triana.

Persita meski sudah tertinggal secara agregat tetap memberikan perlawanan. Pada menit 17, sundulan pemain Persita masih bisa diamankan dengan baik oleh Utam Rusdiana. Arema pun kembali menekan melalui Robert Lima, pada menit 21 pemain asal Brazil ini mampu masuk hingga kotak penalty namun sepakan kerasnya masih bisa ditepis Yogi Triana.

Serangan Arema FC akhirnya berbuah hasil pada menit 24. Dendi Santoso mengirimkan bola ke Robert Lima yang kemudian memberikan umpan kunci kepada Jayus Hariono. Mantan pemain Metro FC ini dengan cerdik memberikan umpan cutback yang kemudian diselesaikan dengan baik oleh Makan Konate untuk membuat skor berubah menjadi 1-0 bagi keunggulan Arema.

Peluang menambah gol terjadi pada babak pertama. Robert Lima yang lolos jebakan offside pada menit 38 kembali gagal menyelesaikan peluang dengan baik karena sepakannya masih bisa digagalkan kaki dari Yogi Triana. Babak pertama pun ditutup dengan skor 1-0.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, belum ada pergantian pemain dari kedua tim. Persita sebagai tuan rumah mencoba untuk menyamakan kedudukan. Mereka mendapatkan peluang pada menit 52 namun sepakannya masih dapat dengan mudah diamankan oleh Utam Rusdiana.

Setelah peluang dari tuan rumah ini, Arema FC beruntun mendapatkan peluang meski gagal berbuah menjadi gol. Pada menit 53, kombinasi apik Makan Konate dengan Pavel Smolyachenko membuat pemain asal Uzbekistan ini mengirimkan umpan kepada Dedik namun sepakannya masih melambung.

Satu menit kemudian, giliran peluang dari Makan Konate yang masih digagalkan oleh kaki pemain belakang Persita. Sementara pada menit 57, Dedik Setiawan yang mendapatkan umpan terobosan dari Hamka Hamzah juga kembali gagal menunaikan tugas karena sepakannya masih digagalkan oleh Yogi Triana.

Usaha Arema FC akhirnya membuahkan hasil pada menit 77. Kombinasi apik antara Lima, Konate dan Dedik menghasilkan gol kedua bagi Arema. Lima mampu mengontrol bola dengan baik dan memberikan kepada Makan Konate yang kemudian meneruskannya kepada Dedik Setiawan. Pemain asal Malang ini kemudian memberikan umpan kepada Robert Lima yang kemudian menyelesaikan dengan baik. Bola hasil sontekan Lima diputuskan masuk oleh wasit karena dianggap sudah melewati garis gawang. 2-0 untuk Arema.

Unggul 2-0 membuat Arema melakukan beberapa pergantian pemain seperti memasukkan Sunarto, Ahmad Nur Hardianto dan Rachmat Latief untuk menggantikan Hamka Hamzah, Robert Lima dan Dedik Setiawan. Serangan Arema FC tetap tak mengendur, bahkan saat pertandingan memasuki masa injury time menit lima, gol ketiga Arema terjadi. Alfarizi yang tak terkawal memberikan umpan kepada Nur Hardianto. Pemain bernomor punggung 9 ini kemudian menceploskan bola dengan baik untuk membuat skor menjadi 3-0. Gol ini juga menjadi penanda berakhirnya pertandingan.

Hasil kemenangan 3-0 (agregat 7-1) ini membuat Arema FC lolos babak 16 besar Piala Indonesia. Pada babak ini direncanakan akan dihelat mulai 15-22 Februari 2019 mendatang.

Bagikan post ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

nine − 3 =