Mengembalikan Kepercayaan Diri Kartika Ajie

Nama Kurniawan Kartika Ajie tenggelam dalam skuat Arema FC musim lalu. Sempat jadi kandidat kiper masa depan Indonesia ketika gabung Timnas Indonesia U-23 tahun 2017, kini dia masih di bawah bayang-bayang Utam Rusdiana sebagai kiper nomor satu Arema.

Penampilannya dianggap kurang tenang ketika bermain dalam atmosfer stadion yang dipenuhi suporter.

Melihat kondisi itu, pelatih kiper Arema, Yanuar Hermansyah ingin membuat Ajie lebih siap secara mental. Kini dia dibawa dalam rombongan tim yang disiapkan untuk leg pertama 16 besar Piala Indonesia melawan Persib Bandung pada 18 Februari nanti.

“Sebenarnya pra musim ini kami coba untuk membuat semua kiper siap secara mental. Tujuannya semuanya sudah siap diturunkan dalam kompetisi resmi. Jadi selama pramusim pasti ada kalanya semua kiper dapat kesempatan. Termasuk Kartika Ajie,” kata pelatih kiper Arema, Yanuar Hermansyah.

Namun, untuk melawan Persib, besar kemungkinan Ajie masih jadi pilihat kedua.

“Dalam latihan, Ajie tidak ada masalah dengan kemampuan. Dia kiper bagus. Tapi butuh waktu untuknya bisa kembali bermain dalam sebuah pertandingan besar. Contohnya seperti ujicoba lawan timnas Indonesia U-22 lalu, Ajie lama tidak main. Babak kedua dia turun dan memang belum maksimal,” jelasnya.

Saat uji coba melawan timnas Indonesia U-22 akhir pekan lalu (10/2/2019), Ajie dapat kesempatan main 45 menit kedua menggantikan Utam. Dia kebobolan satu gol dan membuat pertandingan berakhir imbang 1-1.

“Pasti akan kesempatan lagi. Pelan-pelan dia harus merasakan atmosfer pertandingan resmi,” imbuhnya.

Sebenarnya sejak musim lalu Arema ingin mengorbitkan Kartika Ajie untuk bisa kembali ke timnas karena usianya kini masih 22 tahun. Namun sejak pelatih kiper dipegang Ricardo Navarro hingga Branislav Radojcic, kiper asal Balikpapan itu hanya jadi penghangan bangku cadangan. (bolacom)

Bagikan post ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

seventeen + 4 =