Menebak Formasi Arema FC Pasca Kedatangan Pemain Baru

Pergerakan cepat dilakukan manajemen Arema FC pada bursa transfer periode kedua kompetisi Liga 1 musim 2018. Empat pemain baru sudah didatangkan manajemen untuk memperkuat semua lini. Empat pemain tersebut antara lain Srdjan Ostojic, Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamony dan Makan Konate. Satu slot masih dicari yaitu sosok striker asing asal Asia.

Dengan bergabungnya empat pemain baru ini tentu saja mengubah komposisi formasi dari tim asuhan Milan Petrovic ini. Pelatih berpaspor Slovenia ini pun dituntut mampu meramu tim dengan pemain yang ada. Berikut analisis redaksi Ongisnade tentang potensi formasi anyar dari Milan.

  1. Kiper

Posisi kiper nampaknya akan mutlak ditempati oleh Srdjan Ostojic. Pemain asal Serbia ini memang didatangkan untuk mengisi pos kiper yang dinilai oleh Milan Petrovic masih kurang. Kondisi ini pula yang menyebabkan Joko Ribowo akhirnya pindah ke PSIS Semarang

  1. Belakang

Formasi empat bek nampaknya masih akan menjadi pilihan Milan Petrovic di lini belakang. Masuknya Hamka Hamzah dan Alfin Tuasalamony menambah opsi Milan untuk mengutak atik formasi di lini belakang. Dari analisis kami, dua stopper inti akan ditempati oleh Arthur Cunha dan Hamka Hamzah. Dua pemain ini memiliki postur yang tinggi yang menjadi keunggulan bagi lini pertahanan Arema. Sementara dua bek sayap akan ditempati oleh Alfin Tuasalamony dan Bagas Adi. Posisi Alfin masih bersaing dengan Ricky Ohorella, sementara Bagas Adi nampaknya jadi pilihan utama untuk mengisi posisi tersebut.

  1. Tengah

Milan Petrovic lebih suka mengawali formasi dengan empat pemain tengah meski saat pertandingan berlangsung kadang bisa berubah menjadi tiga pemain tengah. Empat pemain tengah yang akan mengisi posisi tersebut adalah duet Hanif Sjahbandi dan Hendro Siswanto di lini tengah. Hendro bertugas lebih menjaga kedalaman sementara Hanif lebih membantu lini serang. Sementara dua sayap akan diisi oleh Dendi Santoso dan Alfarizi. Dua pemain ini nampaknya dipilih karena juga mempunyai kemampuan yang baik dalam membantu pertahanan. Untuk pelapisnya terutama sisi sayap, Arema masih punya Ridwan Tawainella hingga Jefri Kurniawan bahkan Dedik Setiawan dan Rivaldy Bawuo.

  1. Depan

Lini depan Milan Petrovic lebih suka memainkan dua striker meski saat pertandingan berjalan formasi tersebut bisa berubah menjadi tiga striker. Kehadiran Makan Konate nampaknya akan lebih didorong kedepan dengan harapan tak hanya membantu lini serang namun juga lini tengah terutama dalam alur distribusi bola. Satu slot ini hampir pasti akan diisi oleh dia. Sementara satu pemain lain tentu saja akan diisi oleh striker asing asal Asia. Namun karena masih belum terisi slot tersebut maka posisi lini depan akan diisi Rivaldi Bawuo atau Dedik Setiawan.

  1. Opsi Formasi

Sejak kedatangan Milan Petrovic sebagai pelatih kepala, formasi 4-4-2 lebih banyak dipakai pada awal laga. Namun kemudian formasi ini mampu bertransformasi menjadi 4-3-2-1 atau 4-3-3 tergantung pada posisi Arema saat permainan sedang berlangsung. Adanya empat pemain baru nampaknya tidak akan terlalu banyak mengubah pola yang ada, hanya empat pemain tersebut dituntut mampu menyesuaikan dengan formasi yang sudah disusun.

Bagikan post ini
  • 725
  •  
  •  
  •  
  •  
    725
    Shares

Leave a Reply

one × four =