Follow us @ongisnadeNet

Enam Hal Baru Di Stadion Kanjuruhan



Pertandingan antara Arema FC melawan PSIS Semarang, Kamis (26/1) kemarin menjadi laga pertama di stadion Kanjuruhan yang dihelat pada tahun 2018.

Jika kemarin umak hadir di stadion maka akan melihat beberapa perbedaan yang terjadi pada aset milik Pemkab Malang ini. Beberapa hal diperbaharui bahkan ada juga yang ditambah. Berikut hal hal baru di stadion Kanjuruhan yang membuat stadion ini layak lolos verifikasi AFC.

1. Papan Skor

Ada yang baru di papan skor. Jika dulu hanya satu persegi di bagian tengah papan skor yang berisikan logo tim yang bertanding, skor dan waktu. Kali ini papan skor ditambah. Ada dua kotak baru disamping kanan dan kiri yang lama. Kotak digital baru ini pun difungsikan untuk menempatkan logo tim yang bertanding. Alhasil papan skor yang lama pun lebih terlihat tulisannya terutama skor dan waktu pertandingan.

2.Jalan Khusus Difabel

Jika dari sekian perubahan yang ada, maka adanya jalur khusus bagi kaum difabel adalah perubahan yang paling signifikan dan patut diapresiasi. Bahkan jika harus dibandingkan di stadion lain di Indonesia, kecuali GBK, belum ada lagi yang memiliki jalur khusus difabel dan itu hanya ditemukan di stadion Kanjuruhan. Jalur khusus difabel ini memang masih ada di tribun VIP namun hal ini sudah harus diapresiasi karena memberi kemudahan bagi kaum difabel.

3. Kursi Baru Tribun VVIP

Hal yang baru juga ada tribun VVIP. Tribun dengan harga tiket termahal di stadion Kanjuruhan ini juga bersolek. Ada ratusan kursi baru yang lebih empuk dan jarak antara kaki dengan kursi berikutnya juga lebih longgar.

4. Ruang Ganti Anyar

Tak ada lagi kursi kondangan di ruang ganti tim, ya itu memang yang terjadi dulu sebelum ruang ganti tim direnovasi. Namun sekarang ruang ganti lebih nyaman. Tempat duduk per pemain dilengkapi dengan penaruh kostum. Di ruang ganti pun disediakan tempat pijat dan tentu saja kamar mandi bagi pemain yang ingin langsung bersih diri setelah pertandingan. Dan ini tak hanya ada di dua ruang ganti, namun empat. Jadi kalau ada pertandingan dengan waktu hampir berdekatan, tak perlu lagi tim harus menunggu tim lain keluar ruang ganti. Fasilitas baru ini benar benar memanjakan tim yang bertandang ke stadion Kanjuruhan.

4. Mushola Baru di Lantai Dua VIP

Stadion Kanjuruhan sebelumnya dinilai sebagai stadion yang peduli akan ibadah umat muslim. Ada satu mushola di lantai 1 atau dekat pintu  masuk VIP. Kali ini stadion Kanjuruhan kembali menambah fasilitas ibadah untuk umat muslim. Satu mushola dibangun di lantai dua tribun VIP. Ukurannya pun luas, tidak terlalu sempit. Dan jangan khawatir fasilitas ini juga dilengkapi dengan tempat wudhu. Alhamdulillah

5. Pintu Khusus Kesehatan

Aspek kesehatan pun juga menjadi perhatian perubahan yang dilakukan di stadion Kanjuruhan. Pintu khusus kesehatan yang memiliki akses langsung keluar pun diwujudkan. Jadi jika ada kejadian yang membutuhkan penanganan medis di rumah sakit, maka akan lebih mudah karena dari ruang kesehatan bisa langsung dibawa ke pintu keluar.

6. Meja Baru Tribun Media

Bagi kami peliput laga laga Arema tentu saja ini menjadi fasilitas tambahan yang berharga. Sebelum diganti, meja peliputan terbuat dari kayu dan bahkan sudah ada yang rusak. Kali ini dibuatkan dari bahan bukan kayu yang nampaknya akan bertahan lebih lama. Meja ini pun dilengkapi fasilitas kabel colokan. Jika boleh berharap satu lagi, tambahin kursi dan wifinya diaktifkan lagi dong.