Follow us @ongisnadeNet

Batal Liga 4, Arema Indonesia Berlaga di Liga 3 Regional



Kongres Biasa PSSI  yang digelar di Indonesia Convetion Exhibition pada Sabtu, 14 Januari 2018, baru saja menetapkan regulasi mengenai pergelaran Liga. Di 2018. Sebelumnya sempat beredar PSSI akan menggulirkan Liga menjadi empat kasta, yakni, Liga 1, 2,3 dan 4.

Namun, niatan PSSI tersebut dipentalkan oleh beberapa Asprov. Salah satunya dari Jawa Timur, yang diwakili oleh Sekretaris Jendral PSSI Jawa Timur, Amir Burhanudin. Selain Jawa Timur, Maluku juga menolak wacana PSSI untuk membagi kompetisi menjadi empat kasta.

"Kami jelas tidak setuju, karena saat ini klub amatir di Jawa Timur sendiri sangat bersemangat untuk dapat bermain di Liga 2, tapi kalau nanti ada Liga 4 tentu saja semangat mereka jadi berkurang karena harus berjuang terlebih dahulu di Liga 4 dan kemudian di Liga 3 lalu baru ke Liga 2," ujar Amir seperti dikutip dari topskor

PSSI rupanya memahami hal itu. "Berdasarkan hasil rapat komite eksekutif PSSI, kami menetapkan kompetisi di 2018 tetap tiga kasta," ujar Sekretaris PSSI, Ratu Tisha dihadapan Kongres.

"Ada keputusan penting lain yang tak kalah penting yakni strata kompetisi pada 2018 yakni Liga 1 yang berisikan 18 klub, Liga 2 sebanyak 24 dan Liga 3 ada dua fase. Khusus untuk Liga 3 ini ada fase provinsi dan nasional," imbuhnya.

Mendengar informasi ini, pihak Arema Indonesia langsung sumringah dengan mengunggah informasi di akun instagram resmi milik mereka.

"Salam satu jiwa Arema untuk Indonesia Alhamdulillah tetap  Liga 3 2018," tulisnya.

Namun dalam postingan tersebut tak dijelaskan bahwa mereka masih akan berjuang di fase liga 3 level provinsi untuk merebut tiket 24 tim yang akan masuk ke liga 3 nasional. Seperti diketahui komposisi liga 3 musim depan berisi total 64 tim yaitu 40 tim yang terdegradasi dari liga 2 musim lalu dan 24 tim dari liga 3 regional musim depan.

Meski belum ada rilis resmi namun liga 4 baru akan dihelat musim 2019. Pesertanya dimungkinkan adalah tim yang tak masuk dalam 24 tim yang lolos ke level liga nasional.