Follow usĀ @ongisnadeNet

Piala Presiden, Klub Diizinkan Pakai 6 Pemain Asing



Anggota Organizing Committee Piala Presiden 2018, Risha Adi Widjaya, mengatakan setiap klub peserta diperbolehkan mendaftarkan enam pemain asing untuk mengikuti turnamen tersebut. Namun, Risha menilai pada praktiknya hanya 3+1 pemain asing yang boleh dimainkan.

Piala Presiden 2018 bakal diikuti 20 klub yang terdiri dari 15 klub Liga 1 dan lima klub Liga 2 musim lalu. Turnamen ini akan berlangsung selama satu bulan dan dimulai pada 16 Januari hingga 17 Februari 2018.

"Pemain asing boleh didaftarkan enam pemain. Mengapa demikian? Alasannya karena Piala Presiden ini kan turnamen pramusim dan ini saatnya tim untuk melakukan percobaan terhadap strategi-strateginya," kata Risha.

"Meski yang didaftarkan enam pemain, yang dimainkan tetap 3+1 (tiga pemain asing dan satu pemain Asia). Jadi, yang didaftarkan itu enam orang untuk turnamen, namun yang ada di daftar susunan pemain, ya 3+1," ujar Risha.

Lebih lanjut, Risha menjelaskan setiap klub diperbolehkan mendaftarkan total 36 pemain. Risha beralasan, jumlah tersebut sangat ideal agar tidak terjadi kelelahan pemain untuk klub yang juga sedang mengikuti pertandingan di Piala AFC.

"Kenapa 36 pemain? Kami berasumsi seperti ini, kan ada klub yang juga pertandingan di Piala AFC. Mungkin akan mengalami jadwal ketat di AFC dan Piala Presiden," ucap Risha.

Sumber: bolacom