Follow usĀ @ongisnadeNet

PSSI Pastikan Piala Indonesia Tetap Digelar



PSSI sudah memastikan akan kembali menggelar Piala Indonesia yang sudah vakum selama lima tahun saat musim kompetisi 2018 dimulai.

Meski jadwal Liga 1 2017 sering dikeluhkan sejumlah pelatih, Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, memastikan jadwal Piala Indonesia 2018 tak akan mengganggu apalagi bentrok dengan kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 2018.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, pada Kamis (4/1/2018) sempat memastikan Piala Indonesia akan kembali digelar pada 2018. Joko Driyono mengaku telah digodok dan pasti bergulir dengan pertandingan finalnya akan digelar sekitar Desember 2018.

Akan kembali dihelatnya Piala Indonesia 2018 memunculkan pertanyaan mengenai penjadwalan. Berkaca dari musim 2017, di mana hanya Liga 1 yang bergulir, jadwal pertandingan setiap tim pun cukup padat pada masa-masa tertentu.

Namun, Joko Driyono memastikan tidak akan ada permasalahan penjadwalan di Piala Indonesia. Wakil Ketua Umum PSSI itu pun memberi penggambaran sederhana di mana setiap klub, terutama yang melaju hingga pertandingan final Piala Indonesia hanya akan memainkan sekitar 10 pertandingan dan setiap klub hanya akan memainkan satu atau dua pertandingan setiap bulannya.

Joko Driyono menggambarkan skema 128 tim di babak pertama yang berlanjut kepada 64 tim di babak kedua, di mana menggunakan sistem single match, Kemudian mengerucut menjadi 32 tim di babak ketiga, di mana adaptasi dari Piala FA Inggris akan dilakukan pada babak ini, yaitu sistem home or away, yaitu sistem single match yang bisa ada laga tambahan di kandang lawan jika pada laga pertama berakhir imbang.

Kemudian di babak 16 besar, perempat final, dan semifinal akan berlaku sistem home and away, sebelum akhirnya single match akan dilakukan di pertandingan final. Dengan demikian maksimal jumlah pertandingan yang akan dimainkan oleh tim yang melangkah hingga ke final adalah 10 hingga 11 pertandingan.

"Dengan jadwal di mana pertandingan final digelar pada Desember, setiap tim hanya akan memainkan satu atau dua pertandingan Piala Presiden di setiap bulannya. Jadi seperti itu skemanya dan tidak akan menakutkan seperti yang dibayangkan oleh orang-orang karena begitu banyak tim yang berpartisipasi," ujar Joko Driyono saat berbincang dengan wartawan di Jakarta pada Jumat (5/1/2018) dini hari WIB.

Rencananya Piala Indonesia 2018 akan dimulai pada Maret atau April dan berakhir pada Desember 2018. Kompetisi ini akan diikuti oleh tim-tiim dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 dengan total peserta mencapai 128 tim. Rencananya 18 klub peserta Liga 1 akan memulai kiprah di Piala Indonesia mulai babak kedua.

Sumber: bolacom