Follow usĀ @ongisnadeNet

Finish Posisi Berapakah Arema FC?



Kompetisi Liga 1 sudah memasuki tahap akhir. Hampir semua tim hanya menyisakan dua pertandingan termasuk Arema FC. Dua laga terakhir Alfarizi dkk akan melawan Semen Padang (4/11) di stadion Kanjuruhan dan Pusamania Borneo FC (11/11) di Samarinda.

Lantas akan berada di posisi berapa Arema FC akan mengakhiri kompetisi? Saat ini tim asuhan Joko Susilo ini berada di posisi 9 klasemen sementara dengan poin 46 atau sama dengan yang dikumpulkan oleh Pusamania Borneo FC namun mereka lebih unggul secara agregat gol.

Dengan sisa dua laga maka jika Arema FC mendapatkan poin maksimal mereka akan mendapatkan poin maksimal 52. Melihat klasemen saat ini maka sudah dipastikan bahwa Arema FC tak akan mampu menembus posisi enam besar. Jika poin maksimal ini mampu didapat maka paling tinggi mereka akan menempati posisi tujuh, itu pun dengan syarat. Apa syaratnya?

Pertama, Barito Putra yang saat ini berada di posisi tujuh tak mampu menang di dua laga terakhir mereka menghadapi Madura United (5/11) dan Persela Lamongan (11/11). Berharaplah mereka maksimal hanya bisa meraih hasil imbang. Maka jika Arema FC mampu sapu bersih dua laga terakhir, poin akan sama tapi karena Arema unggul head to head bisa membuat mereka nangkring di posisi tujuh klasemen akhir.

Kedua tentu saja juga berharap Pusamania Borneo FC terpeleset. Tim yang dilatih Iwan Setiawan ini masih memiliki tiga laga sisa, salah satunya laga tunda melawan Persib Bandung. Maka dengan satu tabungan laga yang lebih banyak mereka maksimal bisa meraih poin 55. Maka berharaplah mereka juga terpeleset. Tiga laga sisa mereka melawan Perseru Serui (4/11), Persib Bandung (8/11) dan Arema FC (11/11). Maka laga terakhir bisa menentukan klasemen akhir kedua tim.

Jika posisi 7 adalah peringkat maksimal yang bisa didapat Arema FC, maka tim yang bermarkas di stadion Kanjuruhan ini masih bisa terlempar dari 10 besar atau maksimal di posisi 11. Lah kok bisa? Iya ada dua tim yang masih bisa menggusur Arema yaitu Mitra Kukar dan Persib Bandung.

Mitra Kukar saat ini berada di posisi 10 klasemen sementara dengan poin 43. Mereka mempunyai dua laga sisa melawan Bhayangkara FC (3/11) dan Persiba Balikpapan (10/11). Ada enam poin maksimal yang bisa tim berjuluk Naga Mekes ini ambil. Maka poin maksimal mereka 49. Jika Arema FC tergelincir di dua laga sisa maka Mitra Kukar siap menggeser.

Sementara Persib Bandung saat ini mempunyai tiga laga sisa yaitu Persija Jakarta (3/11), Pusamania Borneo (8/11) dan Perseru Serui (12/11). Jika menang di tiga laga ini mereka maksimal bisa mengumpulkan poin 50. Maka Arema FC masih berpeluang tergeser hingga posisi 11.

Jadi musim ini, Arema FC yang tak sukses merealisasikan target masuk ke zona asia maksimal akan berada di posisi 7 dan minimal posisi 11. Posisi yang sebenarnya bukan harusnya Arema FC berada di tempat tersebut.