Follow usĀ @ongisnadeNet

Review: Arema FC Telan Kekalahan Perdana di Kanjuruhan



Persipura Jayapura mampu menodai catatan tak terkalahkan Arema FC saat bermain di stadion Kanjuruhan, Minggu (16/07). Tim berjuluk Mutiara Hitam ini menang dengan skor 2-0.

Sejak menit awal pertandingan, kedua tim tak segan bermain terbuka. Namun baik Arema FC maupun Persipura sama sama menerapkan pressing ketat. Persipura meski sebagai tim tamu tak segan terus mengancam pertahanan Arema FC.

Tim Persipura juga mencatat peluang pertama pada pertandingan ini melalui kaki Nelson alam lewat sepakan jarak jauh pada menit lima yang masih bisa diamankan dengan baik oleh Kurnia Meiga. Tiga menit kemudian giliran Frisca Womsiwor yang mengancam namun sepakannya masih melambung diatas mistar gawang Arema FC.

Tim Arema justru makin kesulitan menembus lini pertahanan Persipura sebab tim lawan mampu memberikan pressing ketat sejak dari lini tengah sehingga permainan Adam Alis dkk tak berkembang. Menit 16 sebenarnya Arema FC mampu menjebol gawang Persipura melalui Alfarizi namun dianulir oleh wasit karena kapten Arema ini dianggap handsball saat mengontrol bola.

Justru dua menit kemudian Persipura yang mampu membuka keunggulan. Ruben Sanadi yang menyisir sisi kanan Arema FC mampu melepaskan sepakan keras yang tak mampu diantisipasi oleh Kurnia Meiga. Pasca gol ini, permainan Arema FC justru lebih baik. Namun belum ada peluang emas untuk mencetak gol.

Persipura justru kembali mengancam pada menit 23 melalui kaki Feri Pahabol yang masih bisa diantisipasi oleh Kurnia Meiga. Tak kunjung mencetak gol, Arema FC pun menambah daya serang. Menit 32, Dedik Setiawan masuk menggantikan Ahmad Bustomi.

Pergantian ini memang mampu meningkatkan intensitas serangan Arema FC. Namun ketatnya lini pertahanan Persipura yang dijaga oleh Ricardo Salampessy membuat lini depan tim Singo Edan kesulitan menembus. Babak pertama pun tetap untuk keunggulan Persipura.

Memasuki babak kedua, Arema FC langsung gencar melakukan serangan. Namun belum ada hasil. Kondisi ini membuat tim pelatih memasukkan Juan Pino untuk menggantikan Dendi Santoso. Tapi tetap saja pergantian ini tak mengubah permainan.

Dengan serangan balik, Persipura justru beberapa kali mengancam. Sepakan Addison Alves masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Kurnia Meiga. Begitu juga sepakan keras Nelson Alom yang mampu diamankan dengan baik oleh Meiga.

Arema FC bukannya tanpa peluang. Sepakan Jad Noureddine dan Juan Pablo Pino tak mampu menemui sasaran. Tim Singo Edan hanya bisa mengancam melalui sepakan bola mati sebab dari skema yang coba dimainkan selalu kandas karena ketatnya lini pertahanan lawan.

Tak kunjung mencetak gol, Arema FC justru kembali kebobolan. Pada menit 83, pemain pengganti Yan Nasadit mampu membobol gawang Arema setelah mampu memanfaatkan sepak pojok dari Ian Louis Kabes. 2-0 untuk Persipura. Arema yang mencoba mengejar ketertinggalan tak mampu berbuat banyak, skor 2-0 tetap untuk keunggulan Persipura.

Kekalahan ini membuat Arema FC mencatat kalah pertama di stadion Kanjuruhan musim ini. Posisi mereka di klasemen juga turun ke posisi empat, sementara Persipura merangsek naik ke peringkat dua klasemen sementara.