Follow usĀ @ongisnadeNet

Mencari Pengganti Bagas Adi dan Hanif Sjahbandi



Kompetisi Liga 1 sedang rehat karena libur perayaan Idul Fitri. Arema FC pun harus segera memikirkan komposisi pemain terutama setelah libur hari raya selesai.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah akan absennya Bagas Adi dan Hanif Sjahbandi dalam jangka waktu yang cukup panjang. Mereka akan menjalani pelatihan bersama Timnas U-22. Pertama melakukan latihan di Bali mulai 30 Juni 2017 yang kemudian dilanjutkan mengikuti kualifikasi Piala Asia U-23 di Thailand pertengahan Juli.

Kedua, setelah selesai mengikuti ajang tersebut mereka sudah ditunggu ajang Sea Games yang akan dilakukan pada pertengahan Agustus. Praktis kemungkinan mereka baru akan kembali pada kisaran bulan September 2017 atau kemungkinan akan absen sekitar 8-10 laga.

Pekerjaan rumah untuk mencari pengganti dua pemain ini pun tak mudah. Saat mereka beberapa kali absen karena harus menjalani pemusatan latihan bersama Timnas, pemain U-22 yang dimiliki Arema FC lainnya belum mampu menunjukkan performa yang apik.

Lantas siapa yang paling ideal mengisi dua slot pemain U-22 yang dimainkan Arema FC di starting eleven, berikut rangkumannya

1. Andrianto

Pemain asli Malang ini nampaknya akan tetap mengisi satu slot pemain U-22. Ia sudah beberapa kali bermain sejak menit awal. Namun pekerjaan rumah untuk Andrianto adalah memperbaiki performanya. Ia memiliki potensi apik secara skill namun masih punya kelemahan berupa pemahaman akan strategi. Selain itu, beberapa kali juga mengalami cedera seperti yang terbaru ketika melawan Bali United.

2. Muhammad Rafli

Pemain jebolan akademi ASIFA ini nampaknya akan semakin akrab dengan posisi pemain inti. Rafli sudah beberapa kali menggantikan posisi Hanif atau Bagas saat mereka dipanggil Timnas U-22. Sisi yang harus diperbaiki dari Rafli adalan konsistensi dan kepercayaan diri. Modal tampil bagus saat melawan Bali United bisa membuatnya terus mengisi posisi starting line up.

3. Nasir

Urutan ketiga adalah Nasir. Pasca terpental dari Timnas U-22, sudah seharusnya Nasir memiliki motivasi berlipat dengan menampilkan permainan terbaik sehingga masih ada peluang dipanggil Timnas lagi. Pemain asal Tuban ini sempat mencuat ketika awal bermain di Arema FC. Dribling disertai dengan pergerakan yang dinamis menjadi modalnya. Tapi Nasir masih lebih banyak kalah duel fisik ketika pemain lawan mengandalkan fisik.

Itulah tiga pemain yang memiliki peluang menggantikan posisi Bagas Adi dan Hanif Sjahbandi di starting eleven untuk kuota pemain U-22. Tiga pemain ini harusnya mampu bermain konsisten terutama pada 45 menit babak pertama sehingga ada peluang mereka terus bermain hingga babak kedua.

Ditulis oleh Muhammad Irfan, penulis di ongisnade.co.id