Follow usĀ @ongisnadeNet

Review: Hanya 10 Pemain, Arema FC Ditekuk PSM Makassar



Arema FC akhirnya bertekuk lutut saat Liga 1 memasuki pekan kelima. Melawat ke kandang PSM Makassar di stadion Mattoangin, Rabu (10/5), skuad Singo Edan menyerah dengan skor tipis 1-0.

Awal pertandingan, Arema memulai dengan baik dengan ancaman Andrianto pada menit 2. Pemain muda ini mampu masuk hingga kotak penalti namun sepakannya masih menyamping tipis di sisi kanan gawang PSM. Tim tuan rumah pun juga menekan. Menit 4, sepakan bebas Antoni Klok mampu dengan mudah ditangkap Meiga dan dua menit kemudian sepakan Jan Pluim belum menemui sasaran.

Permainan terbuka yang diperagakan kedua tim membuat laga berlangsung menarik. Kedua tim silih berganti membuat peluang. Menit 12, Cristian Gonzales yang kembali menjadi starting line up sundulannya masih melambung. Sementara PSM melalui kaptennya, Hamka Hamzah juga mendapatkan peluang meski tak membahayakan gawang Arema.

Mantan pemain Arema ini kembali mendapatkan peluang pada menit 41 namun sundulannya kembali gagal berbuah gol. Selama babak pertama, permainan sebenarnya berlangsung seimbang. Meski PSM Makassar mencatatkan peluang lebih banyak namun Arema FC mampu memegang kendali ball possesion. Namun petaka justru terjadi pada akhir babak pertama, Junda Irawan dianggap wasit melanggar dengan keras Pluim. Pemain muda ini pun harus mendapat kartu kuning kedua yang membuatnya harus meninggalkan lapangan.

Praktis selama babak kedua Arema FC harus bermain dengan 10 orang. Kondisi inilah yang mampu dimanfaatkan dengan baik oleh PSM Makassar. Sejak babak kedua berjalan, PSM langsung menekan pertahanan tim Arema. Menit 49, pemain pengganti Reinaldo melepaskan sundulan yang masih melambung.

Tiga menit kemudian, giliran Steven Paulie yang melepaskan sepakan yang beruntung masih bisa diblok oleh Arthur Cunha. Namun akhirnya setelah ditekan bertubi tubi, gawang tim Singo Edan kebobolan juga pada menit 55. Adalah Reinaldo menjadi pencetak gol setelah ia mampu memanfaatkan dengan baik umpan matang dari sisi kiri. 1-0 untuk PSM.

Gol ini membuat Arema FC mau tak mau memilih bermain menyerang meski hanya dengan 10 orang. Adam Alis dimasukkan untuk menggantikan Rafli, begitu juga Dedik Setiawan untuk menggantikan Juan Pino. Menit 66, Adam Alis memiliki peluang matang, umpan manis Gonzales mampu disepak langsung olehnya namun masih melambung.

Sisa pertandingan, Arema FC lebih banyak menekan pertahanan PSM, sementara tuan rumah mengandalkan serangan balik untuk memperbesar keunggulan. Namun hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, skor tetap 1-0 untuk keunggulan PSM. Hasil ini membuat tim Juku Eja memimpin klasemen sementara dengan poin 13, sementara Arema tertahan di posisi tiga dengan poin 10.