Follow usĀ @ongisnadeNet

Menpora Ingin Arema Indonesia Diakui PSSI



Tujuh klub yang tergabung dalam Asosiasi Klub Sepakbola Indonesia (AKSI) yakni Persebaya Surabaya, Arema Indonesia, Lampung FC, Persibo Bojonegoro, Persewangi Banyuwangi, Persipasi Kota Bekasi dan Persema Malang sebelumnya meminta agar Kemenpora menunda pencabutan pembekuan PSSI.

Alasannya, mereka ingin status mereka sebagai klub untuk ikut kompetisi kembali diakui oleh PSSI sebelum SK pembekuan dari Kemenpora dicabut. Namun, Menpora Imam Nahrawi sudah menandatangani pencabutan pembekuan agar masalah sepakbola segera selesai sebelum Kongres tahunan FIFA di Meksiko.

Namun, Imam tetap memperingatkan PSSI agar status para klub di atas bisa dikembalikan dan proses tersebut akan mendapat pengawalan dari pemerintah.

"Saya berharap perubahan ini bisa memberikan sesuatu yang berarti dan nyata bagi diakuinya beberapa klub yang dulu dipinggirkan oleh PSSI," buka Imam.

"Beberapa klub yang datang kemarin ke sini tentu itu harus menjadi catatan penting untuk diakui kembali. Yang penting juga terbuka untuk memberikan harapan bagi masa depan industri dan sepakbola tanah air," imbuh politisi asal PKB ini.

Sebelumnya, Persebaya dan Arema merupakan awal dari perbedaan antara PSSI dan Kemenpora jelang digulirkannya kompetisi Indonesia Super League. Melalui BOPI sebagai badan verifikasi saat itu, Persebaya dan Arema yang ingin tampil di ISL dipermasalahkan karena punya konflik dualisme.

Soal ini, Imam menjelaskan bahwa dualisme tersebut lebih baik diselesaikan secara internal.

"Silakan itu jadi urusan internal, itu bukan domain pemerintah. Itu biarkan jadi urusan masing-masing," pungkas Imam.