Follow usĀ @ongisnadeNet

Catatan Karir Juan Pablo Pino: Bersinar di Monaco, Moncer di Galatasaraay



Arema FC telah resmi mengontrak Juan Pablo Pino sebagai Marquee Player untuk musim 2017. Klub berlogo kepala Singa ini pun menjadi pelabuhan anyar pemain berusia 30 tahun tersebut.

Lantas bagaimana perjalanan karir dari seorang Pino? Dilihat dari catatan yang ada, ia sudah memulai karir profesionalnya sebagai pesepakbola pada umur 19 tahun dengan memperkuat Deportivo Independiente Medellin, tim kasta utama Liga Kolombia pada musim 2005/2006.

Tak berselang lama, bakatnya diendus oleh pemandu bakat dari salah satu klub Eropa, AS Monaco. Pada umur 20 tahun, ia sudah menjalani karirnya bersama AS Monaco. Musim pertamanya, Pino mencatatkan 8 pertandingan dengan tim utama. Semusim berikutnya, jumlah bermain Pino meningkat 100 persen bersama Monaco, ia dipercaya bermain 19 kali bersama tim utama.

Namun nampaknya pada musim 2007/2008, tim pelatih AS Monaco ingin pemain kelahiran 30 Maret 1987 ini mencari pengalaman di luar Prancis. Ia pun dipinjamkan ke klub Belgia, Charleroi. Tapi ia tampak tak berjodoh berkarir di tim ini, semusim kemudian pada musim 2008/2009, ia kembali ke AS Monaco.

Pada musim ini, karirnya paling moncer karena bermain sebanyak 28 kali bersama tim utama. Musim 2009/2010, ia masih bertahan di Monaco yang kemudian menjadi musim terakhirnya di As Monaco. Musim 2010/2011, ia memutuskan hijrah ke klub raksasa Turki, Galatasaray. Ia mendapat kesempatan bermain sebanyak 25 kali.

Namun karirnya di Liga Turki tak bertahan lama karena musim berikutnya ia justru hijrah ke klub Arab Saudi, Al Nassr Riyadh. Musim 2013/2014 ia kembali ke Eropa bermain untuk klub Yunani, Olimpiakos. Sempat merasakan kembali bermain di klub masa mudanya, Independiente, musim 2014/2015 Pino kembali ke Prancis untuk memperkuat Bastia.

Dari catatan yang ada, Pino nampaknya menderita cedera pada musim 2015 karena ia kembali aktif bermain pada musim 2016 bersama Universitario, klub asal Peru. Hanya bermain sebanyak enam kali di klub ini sebelum Pino memutuskan bergabung dengan Arema FC.

Total Pino bermain sebanyak 143 kali selama memperkuat tim profesional mulai dari Kolombia, Prancis, Turki, Arab Saudi, Yunani dan Peru. 20 gol ia ciptakan selama perjalanan karirnya. Saat ini, ia memilih berkarir sebagai pemain Arema FC. Dengan posisi gelandang serang, Pino diharapkan memberikan kontribusi besar untuk skuad Singo Edan.