Follow usĀ @ongisnadeNet

Timnnas se Asia Tenggara Main, Eks Arema Cronus Rindu Indonesia Bermain



Minggu ini hingga awal Minggu depan sejumlah negara menggelar kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia dan laga persahabatan internasional.

Tercatat, tim nasional negara di kawasan Asia Tenggara, yakni Malaysia, Timor Leste (Grup A), Thailand, Vietnam (Grup F), dan Kamboja, Singapura (Grup E), Myanmar dan Laos (Grup G), dan Filipina (Grup H), menjalani laga terakhir fase penyisihan putaran kedua Zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2018, yang akan dipertandingkan pada Kamis (24/3/2016) ini dan Selasa (29/3/2016) waktu setempat.

Negara di Asia Tenggara ada yang babak belur, ada juga yang bersinar seperti Thailand. Namun tetap saja kesempatan bermain bersama timnas di pentas internasional membuat pesepak bola Indonesia juga rindu. Akibat dibekukan FIFA pada 30 Mei 2015, Tim Garuda di semua kelompok usia tak lagi bisa berkiprah di level internasional.

Salah seorang yang menyuarakan hal itu adalah pemain naturalisasi Indonesia yang pernah mempekuat Arema Cronus, Greg Nwokolo. Greg, yang saat ini memperkuat BEC Tero Sasana di Thailand Premier League, meluapkan kerinduannya melihat Timnas Indonesia beraksi lagi melalui akun instagramnya.

"Jeda internasional lagi dan tak ada tanda-tanda Garuda beraksi lagi," tulisnya seperti yang dilansir dari bolacom.

Di sisi lain, kesempatan Timnas Indonesia berlaga di kancah internasional paling dekat adalah Piala AFF 2016. Hanya, dengan situasi terakhir yang terjadi di sepak bola Indonesia, bisa jadi peluang tampil di pesta sepak bola terbesar di regional ASEAN itu bisa pupus.

Sebelumnya, Sekjen PSSI, Azwan Karim mengungkapkan AFF memberikan batas waktu hingga 5 Agustus 2016 untuk mengonfirmasi keikutsertaan di Piala AFF 2016.

Bila hingga 5 Agustus nanti sanksi pembekuan belum dicabut FIFA, dipastikan Indonesia tak bisa jadi kontestan Piala AFF, yang mulai digelar 19-26 November 2016 untuk fase penyisihan grup di Myanmar serta Filipina.