Follow us @ongisnadeNet

Ada Regulasi Baru Untuk Semifinal Piala Jenderal Sudirman



Turnamen Piala Jenderal Sudirman telah memasuki babak Semifinal. Arema Cronus, Pusamania Borneo FC, Mitra Kukar, dan Semen Padang akan berebut kemenangan untuk lolos ke laga Final.

Operator turnamen, Mahaka Sports and Entertainment, membuat sebuah regulasi baru agar Semifinal nanti berlangsung dengan menarik. Regulasi baru tersebut terkait dengan dua pemain U-21 dalam starting eleven.

Dalam regulasi sebelumnya, Mahaka Sports, mewajibkan tiap klub yang bertanding harus memainkan dua pemain U-21 sejak menit awal pertandingan. Namun, kini Mahaka Sports memperbolehkan klub untuk tidak memainkan pemain U-21, dan diganti dengan pemain senior. Asal dengan syarat, salah satu tim kehabisan stok pemain muda lantaran terkena akumulasi kartu atau mengalami cedera.

Namun apabila ada tim yang mencoba memanipulasi regulasi baru tersebut, dengan meminta pemain U-21 untuk melakukan pelanggaran, sehingga tidak diperbolehkan bermain. Maka Mahaka Sports dengan tegas akan memberikan denda sebesar 100 juta rupiah kepada klub yang bersangkutan.

"Semua daftar pemain dan umur sudah kami pegang. Kami juga memiliki data kartu kuning. Kalau sengaja dan mencederai turnamen, maka klub didenda 100 juta rupiah walau tidak memengaruhi hasil dari pertandingan," ujar CEO Mahaka Sports, Hasani Abdulgani, saat Manager Meeting di Hotel Century, Jakarta, (4/1) kemarin.

Selain itu, Mahaka Sports juga akan menghapus adu pinalti pada Semifinal nanti, alias tidak ada perpanjangan waktu apabila terjadi hasil imbang hingga waktu normal usai. Namun apabila agregat gol dalam dua leg Semifinal sama kuat, maka pemenang akan ditentukan lewat adu penalti. Jadi, adu pinalti bisa saja terjadi pada leg kedua Semifinal Piala Jenderal Sudirman.

"Tidak ada perpanjangan waktu. Perpanjangan waktu hanya kami lakukan di babak Final, 2x45 menit skor masih imbang maka akan kita lakukan perpanjangan waktu. Kalau di Semifinal, jika hasil sama kuat maka langsung adu penalti," jelas Hasani Abdulgani .

Leg pertama Semifinal Piala Jenderal Sudirman akan berlangsung pada akhir pekan ini. Mitra Kukar akan menjamu Arema Cronus, (9/1) di Stadion Aji Imbut, Tenggarong. Kemudian Pusmania Borneo FC akan menjamu Semen Padang (10/1), di Stadion Segiri, Samarinda.

Sedangkan untuk leg kedua, baru akan digelar pada 16-17 Januari 2016 mendatang, di mana giliran Semen Padang yang menjamu Pusamania Borneo FC, dan Mitra Kukar akan bertandang ke kadang Singo Edan.