Follow us @ongisnadeNet

Tribun Aremania: Pergantian 5 Pemain, Ini Lelucon?

created by ico Thursday, 30 Mar 2017



Dua Minggu menjelang bergulirnya Liga Indonesia, Para penggemar bola sepak negeri ini kembali dikejutkan dengan regulasi serta tata kelola liga yang baru.

Bagaimana tidak, PT Liga baru yang bernama PT LIB yang tidak lain adalah operator Liga Indonesia tahun ini kembali menuai kontroversi.

Setelah sebelumnya mengeluarkan regulasi pemain U23 yang harus bermain selama 45 menit dan disusul dengan Regulasi Marquee Player yang menuai kecaman dari beberapa klub peserta liga.

Tidak sampai disitu, setelah pertemuan PSSI, oerator serta seserta Liga kini Operator Liga kembali membuat regulasi yang aneh, pergantian 5 pemain setiap match.

Loh? Bukannya dalam aturan FIFA hanya membolehkan 3 Pemain dan Jika tidak patut pada statuta FIFA akan dikenakan sanksi? Lalu sebenarnya siapa dalang dibalik regulasi tersebut? Apa tujuan nya?

Belajar dari yang sudah sudah, dimana Liga yang kita cintai ini selalu memunculkan kontroversi disetiap tahunnya.  Dengan regulasi pergantian 5 pemain sepertinya akan mengurangi ketegangan pertandingan, karena pelatih bisa memasukan pemain sesuai kebutuhan ketika mereka unggul dan ketika mereka kalah.

Kini nasib sepakbola Indonesia yang katanya akan diperbaiki malah memunculkan stigma yang membuat heran banyak kalangan. Ada motif bisnis ataupun politisasi dibalik liga kita ini.

Lantas apakah semua klub akan menyetujui aturan baru tersebut? Ataukah malah akan memprotes? 

Kita tunggu saja dalam dua pekan kedepan..

Ditulis oleh @arif_fianz 


Opinion