Follow us @ongisnadeNet

Aneh, Pergantian Pemain di Liga 1 Bisa Lima Kali



Kompetisi Liga 1 musim 2017 akan jadi saksi lahirnya beberapa regulasi baru. Beberapa perubahan diterapkan di kompetisi tertinggi di Indonesia itu salah satunya adalah dengan adanya lima pergantian pemain pada satu pertandingan.

Sebagaimana diketahui, kompetisi Liga 1 akan kick off pada 15 April mendatang. Nama resmi kompetisi pun sudah didapat yakni Gojek Traveloka Liga 1.

Gelaran kompetisi Liga 1 ini nanti dihiasi oleh adanya dua aturan baru yang telah dirumuskan oleh PT Liga Indonesia Baru selaku operator. Yang pertama adalah soal jumlah susunan pemain tiap pertandingan.

"Perubahan yang diputuskan di rapat adalah jumlah daftar susunan pemain. Yang mana biasanya jumlahnya 18 menjadi 20 karena ada peraturan di U-23 yang wajib dimainkan di 45 menit pertama," ujar CEO PT LIB, Risa Adiwijaya di Gedung Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).

"Dengan segala pertimbangan dan kemungkinan misalnya cedera atau apapun lainnya oleh karena itu tambahan duanya ada di U-23," sambungnya.

Yang berikutnya adalah aturan pergantian pemain. Jika aturan universal menganut tiga pergantian pemain, maka operator menetapkan bahwa untuk liga musim ini tiap klub boleh melakukan pergantian pemain sampai lima kali.

"Itu mengadopsi asas play fair karena ada U-23 yang main dan juga supaya quality dari pertandingan itu berjalan sesuai dengan yang kita mau. Kita sudah coba di Piala Presiden 2017. Untung dan ruginya kita review, dan akhirnya diputuskan dari tiga jadi lima," tandas Risa.

sumber: bolanet