Follow us @ongisnadeNet

Timnas U-23 di Sea Games Terindikasi Pengaturan Skor?



Dugaan match fixing (pengaturan pertandingan) pada pertandingan tim nasional Indonesia di SEA Games terendus setelah "dipancing" oleh seorang perantara asal Indonesia yang berinisial BS.

Dalam laporan yang dipaparkan Tim Advokasi #IndonesiaVSMafiaBola, pertandingan antara Indonesia dengan Vietnam pada perebutan perunggu pada Senin (15/6/2015) di Singapura diduga sudah diatur hasil akhirnya. Vietnam dinyatakan akan menang telak sejak babak pertama.

Seperti dilansir dari detiksport, upaya untuk mencari bukti pengaturan pertandingan itu dilakukan oleh jajaran Kemenpora yang bekerja sama dengan BS. Sehari sebelum pertandingan, Minggu (14/5), BS yang dihadapkan dengan Sekretaris Kemenpora dan beberapa anggota tim litigasi pengungkap kasus mafia bola.

Dalam pertemuan itu BS menghubungi bandar asal Malaysia bernama Das. Setelah tersambung BS kemudian mengajukan pertanyaan, "Apakah pertandingan sepakbola antara Indonesia U-23 dengan Vietnam U-23 telah diatur?" 

Pembicaraan itu diperdengarkan dengan pengeras suara dan direkam oleh BS. Pada hari H, mereka berkumpul kembali dan nonton bareng pertandingan di sebuah hotel di Melawai, Jakarta. Rupanya hasil pertandingan sesuai dengan apa yang dinyatakan oleh bandar pada H-1 pertandingan. Indonesia sudah tertinggal 0-4 di babak pertama.

Upaya kembali dilakukan untuk memastikan skor pertandingan itu diatur bandar. Sebelum babak kedua dimulai, BS menghubungi bandar lagi. BS menanyakan berapa skor pada babak kedua laga itu. Bandar mengatakan jika skor untuk Vietnam akan bertambah, 2-3 gol lagi. (Baca juga: Arema Cronus Tak Cetak Gol pada Babak Pertama)

Di babak kedua, Vietnam memang berhasil menceploskan gol lagi ke gawang Indonesia, tapi hanya satu, sehingga skor akhir 5-0. (dtk/mia)