Follow us @ongisnadeNet

FIFA Denda Ratusan Juta 3 Klub Indonesia, Siapa Saja?



Komite disiplin (Komdis) FIFA menjatuhkan sanksi denda kepada tiga klub Indonesia atas pelanggaran mempublikasikan data yang terkandung dalam transfer matching system (TMS).

Ketiga klub yang mendapat denda itu adalah Persebaya Surabaya, Bali Devata Persires, dan PSIS Semarang. Persebaya dan Bali Devata diganjar denda CHF25.000, atau sekitar Rp309,7 juta. Sedangkan PSIS didenda CHF15.000 (sekitar Rp185,82 juta).

"Persebaya dan Bali Devata Persires didenda, karena menerbitkan data rahasia dari TMS di aku Twitter yang berafiliasi ke klub,"

"Sedangkan PSIS menerbitkan ulang tweet itu, dan memperlihatkan surat rahasia yang dikirim TMS FIFA,” demikian pernyataan induk organisasi sepakbola dunia itu di laman resminya.

"Ketiga klub itu juga mendapat teguran. Mereka telah melanggar pasal 3.4 urutan 3 dari peraturan FIFA tentang status dan transfer Pemain,"

"Ini menjadi kasus pertama yang membuat komite disiplin mengeluarkan keputusan sanksi atas pelanggaran kerahasiaan melalui media sosial. Keputusan itu telah diberitahukan kepada pihak-pihak terkait,"

"Data yang dikeluarkan FIFA harus tetap bersifat rahasia kepada pihak-pihak yang terlibat dalam transfer demi keamanan lebih dari 6.500 klub, dan 209 asosiasi anggota yang menggunakan sistem itu,"

Dengan disanksinya tiga klub ini oleh federasi sepakbola tertinggi di dunia ini menjadi kesekian kalinya untuk Indonesia. Sebelumnya Arema juga sempat harus membayar denda sebesar 5000 CHF dan denda pengurangan tiga poin pada musim kompetisi 2012/2013 karena kasus Laundry Poulangye yang melapor ke FIFA soal tunggakan gaji. Musim lalu Persebaya juga dikenai pengurangan tiga poin dan diharuskan membayarkan gaji Elongo yang jumlahnya mencapai Rp225 juta plus denda 5 persen yang terhitung sejak 2012 lalu.
(goal/mia/adi)