Follow us @ongisnadeNet

Arema ISL Sambut Baik Asean Super League



Kabar akan digelarnya kompetisi liga super di level regional ASEAN, disambut baik Arema Indonesia yang berkompetisi di ISL.

Sebagai salah satu kontestan liga nasional Indonesia, yang juga merupakan anggota ASEAN, klub berjuluk Singo Edan ini punya kans untuk terjun di ASEAN Super League (ASL), yang disebut bakal digelar AFC nanti.

General Manager Arema, Ruddy Widodo menyebut, ASL bisa menjadi alat ukur kualitas klub yang jadi kontestan. "Liga super selevel ASEAN bisa mengukur kualitas kompetisi. Kalau Arema, berarti dalam hal ini adalah yang diukur kualitasnya adalah Indonesia Super League," ungkap Ruddy seperti dikutip dari Malang Post.

Pria yang juga pengusaha travel ini menyebut kompetisi level ASEAN ini bisa menjadi instrumen penilaian terhadap prestasi aktual dari sebuah negara yang memiliki kompetisi sepakbola lokal. Ia memisalkan, andai juara ASL adalah Arema Indonesia, berarti kompetisi ISL bisa dikategorikan sebagai yang terbaik di ASEAN. "Ini karena hanya di kompetisi yang berkualitas baik, klub-klub bisa menjadi juara ASEAN," imbuhnya.

Ruddy juga beranggapan ASL bisa jadi ajang verifikasi segala aspek dari klub tersebut, mulai dari manajemen tim, manajemen finansial, pelaksanaan pertandingan sampai pembinaan suporter. "Itu juga ajang yang tepat bagi klub untuk mengukur tingkat profesionalitasnya, apakah sudah selevel ASEAN atau masih belum," tandasnya. Untuk diketahui, Kompetisi ASL kali pertama diperkenalkan pada publik sepakbola dunia tiga tahun lalu.

ASL disebut akan jadi pra syarat bagi klub di ASEAN untuk berkompetisi dengan liga-liga yang lebih besar di Asia. Delapan liga di ASEAN yang bakal terjun di ASL disebut-sebut adalah Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Indonesia, Filipina, Kamboja, dan Myanmar. (mp/mia)