Follow us @ongisnadeNet

Aremania, Misuh dan Himbauan Ovan Tobing



Pertandingan Arema FC melawan Bhayangkara FC di ajang Piala Presiden 2017 diharapkan menjadi titik awal untuk Aremania agar tak lagi menyanyikan chant yang mengejek tim lain, tapi lebih mendengungkan nyanyian untuk semangat tim.

Jumlah Aremania yang hadir langsung di stadion Kanjuruhan, Minggu (05/02) kemarin sebenarnya tak terlalu banyak. Dari catatan panpel hanya sekitar 7000 penonton saja yang hadir. Tapi nampaknya nyanyian "misuh" masih saja mendarah daging.

Chant chant motivasi sempat terdengar di awal pertandingan, namun kebiasaan chant misuh kembali terucap saat pertandingan menginjak menit 30. Meski relatif tidak lama tapi nyanyian mengejek pihak lain ini disesalkan oleh Aremania itu sendiri terutama yang bersuara melalui media sosial.

Bahkan pada jeda pertandingan, Ovan Tobing mengingatkan Aremania untuk tidak lagi menyanyikan nyanyian yang negatif tapi fokus pada nyanyian untuk mendukung tim.

"Tadi saya dengar sebentar masih ada yang nyanyikan seperti itu, ayo di babak kedua jangan ada lagi meski itu hanya sebentar," ucapnya.

Namun himbauan itu seperti angin lalu. Saat babak kedua berjalan masih saja terdengar lagu yang justru mengejek suporter lain. Himbauan sebenarnya tak hanya saat pertandingan saja, tapi di sosial media sudah didengungkan bahkan oleh Aremania sendiri.

Chant "misuh" ini masih menjadi penyakit Aremania yang susah untuk dihilangkan. Apapun himbauannya, dari siapapun yang menghimbau bahkan dari kalangan Aremania sendiri masih saja chant ini terus terdengar.