Follow us @ongisnadeNet

Piala Presiden 2017 Jadi Percobaan Regulasi Liga 1



Piala Presiden 2017 akan menjadi ajang percobaan regulasi kompetisi resmi musim ini yang rencananya bertajuk Liga 1. Dua hal yang diterapkan pada Piala Presiden adalah pemain asing dan pemain U-23.

Setiap peserta Piala Presiden 2017 wajib memasukkan lima pemain U-23 dalam daftar susunan pemain dan tiga di antaranya jadi starter. Sementara, untuk pemain asing, yakni 2+1 (1 dari Asia).

Ketua Umum PSSI, Letjen TNI Edy Rahmayadi, mengatakan klub yang saat ini masih melakukan seleksi pemain asing diberi kelonggaran dengan menyantumkan maksimal lima pemain asing dalam daftar susunan pemain. 

"Untuk pemain asing, tetap yang boleh tampil dalam satu pertandingan adalah tiga, satu dari Asia. Regulasi ini akan diterapkan untuk melihat bagaimana klub memaksimalkan pemain muda," katanya.

Piala Presiden 2017 yang melibatkan 20 klub digelar mulai 4 Februari di lima kota. Duel pembuka antara PSS Sleman melawan Persipura Jayapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman. 

Selain regulasi pemain, PSSI juga mengumumkan jumlah pendapatan yang akan diterima klub selama bertanding dalam ajang tersebut. Pada babak penyisihan hingga delapan besar, klub yang menang mendapat Rp 125 juta, seri Rp 100 juta, dan kalah Rp 75 juta.

Untuk semifinal atau empat besar, klub tidak lagi mendapatkan match fee karena empat klub tersebut sudah dipastikan mengantongi hadiah. 

Piala Presiden 2017 akan memperebutkan hadiah Rp 3 miliar untuk tim juara. Untuk runner-up, peringkat ketiga, dan keempat masing-masing diganjar hadiah uang Rp 2 miliar, Rp 1 miliar, dan Rp 500 juta.

sumber: bolacom