Follow us @ongisnadeNet

Ini Perbedaan Konsep Latihan Aji Santoso Dan Milomir Seslija



Aji Santoso, Pelatih Arema FC, mulai menerapkan konsep latihan yang berbeda kepada anak buahnya. Aji memberikan latihan sore hari dan pagi hari.

Latihan tersebut dilakukan agar pemain tidak jenuh. "Kami mempersiapkan variasi latihan berbeda. Tiga hari latihan full, setengah hari libur. Misal, hari Selasa pagi latihan, sore latihan, Jumat pagi kita libur," jelas Aji.

Jika pada tahun lalu, Arema nyaris tidak pernah menggelar latihan pagi ketika masih dibawah pelatih Milomir Seslija. Mereka hanya menggelar latihan sore sekitar pukul 15.30 WIB dengan tempat latihan berpindah-pindah mulai dari Stadion Gajayana, Stadion Kanjuruhan, hingga Lapangan Paskhas Abdulrahman Saleh.

Sejak dibawah pelatih Aji Santoso, Arema tidak menemui kendala dalam menggelar latihan. Memang sebelumnya Aji telah memiliki fasilitas tempat latihan yang memadai yang diadakan di Lapangan ASIFA (Aji Santoso International Football Academy).

Mayoritas pemain-pemain Arema lebih senang bila latihan diadakan di ASIFA. Dikarenakan jarak tempuh yang dekat dan lokasi strategis di tengah kota. 

Para pemain Arema akan tetap berlatih di ASIFA pada pagi harinya, untuk sesi sore hari mereka akan berlatih di Stadion Kanjuruhan. Bertambahnya jadwal sesi latihan itu memang keinginan pelatih Aji untuk mengejar ketertinggalan kondisi fisik pemainnya setelah libur panjang. "Seminggu kedepan kita akan coba tingkatkan kondisi fisik pemain," ujar Aji.