Follow usĀ @ongisnadeNet

Peringkat Indonesia Naik Delapan Tingkat



Indonesia mengalami kenaikan peringkat di ranking FIFA terbaru yang dirilis pada Kamis (22/12/2016). Timnas Indonesia kini ada di ranking ke-171 dari 205 jumlah yang masuk penghitungan ranking FIFA.

Posisi ke-171 itu naik delapan tingkat dari bulan sebelumnya, yakni urutan ke-179. Saat ini Timnas Indonesia memiliki total poin 120 dari sebelumnya 100.

Kenaikan ini dipastikan karena hasil apik yang dicatatkan Tim Merah-Putih di ajang Piala AFF 2016, di mana Indonesia bisa lolos hingga ke final. Dari tujuh pertandingan yang dijalani sampai partai puncak, Indonesia memenangi tiga pertandingan, dua hasil imbang, dan dua kali kalah.

Seperti diketahui, sejak edisi 2016 ini, hasil pertandingan Piala AFF memengaruhi perhitungan ranking FIFA sehingga hasil yang dicatatkan pada Piala AFF edisi ke-11 tahun ini ikut berkontribusi dalam ranking terbaru.

Perbaikan ranking juga dialami finalis Piala AFF 2016, Thailand. The War Elephants yang akhirnya jadi juara Piala AFF 2016 itu mengalami peningkatan tiga tingkat, ke urutan 126.

Namun ranking tertinggi untuk anggota FIFA yang berada di regional Asia Tenggara masih dipegang Filipina. Hanya, posisi The Azkals mengalami penurunan sebanyak tiga peringkat dibandingkan bulan lalu. Filipina kini ada di posisi ke-120.

Sama seperti Filipina, Vietnam, yang kiprahnya di Piala AFF 2016 dihentikan Indonesia di semifinal, turun sebanyak lima peringkat ke ranking 134.

Negara ASEAN lain peserta Piala AFF 2016 yang mengalami penurunan ranking FIFA pada bulan ini adalah Malaysia (turun lima tingkat ke posisi 161), Singapura (turun tiga tingkat ke posisi 165), Kamboja (turun lima tingkat ke ranking 173).

Sementara Myanmar, sama seperti Timnas Indonesia, mencatatkan kenaikan signifikan, yakni sebanyak tujuh tingkat. The White Angels, yang lolos ke semifinal Piala AFF 2016 kini punya ranking FIFA 159.

Sumber: bolacom