Follow us @ongisnadeNet

Masa Depan Industri Sepak Bola Indonesia, Ini Pandangan Hamka Hamzah



Hamka Hamzah melihat ada secercah harapan bagi masa depan industri sepak bola di tanah air dengan masuknya merek-merek besar ke dunia sepak bola Indonesia.

Mengenai sepak bola Indonesia memang banyak memunculkan dinamika terutama soal finansial. Tak sedikit dana finansial yang dibutuhkan oleh klub untuk membiyayai operasional dan gaji pemain sebuah klub.

"Masuknya sponsor jelas sangat membantu bagi klub. Dengan adanya sponsor yang masuk, harusnya tidak ada lagi klub yang menunggak gaji pemain. Ini bagus untuk perkembangan sepak bola Indonesia,” ujar Hamka Hamzah.

Saat ini, klub-klub dituntut lebih giat untuk menarik minat sponsor. Selain prestasi, citra klub juga menjadi perhatian khusus sponsor.

Seperti halnya Arema sekarang menjadi daya tarik lantaran mereka memiliki basis komunitas suporter yang cukup banyak dan tersebar seluruh Indonesia.

Selain itu, Hamka menilai perkembangan industri sepak bola Indonesia untuk saat ini sudah cukup bagus. Pemain asal Makassar ini mengungkapkan bahwa kompetisi juga bisa memiliki nilai jual tinggi.

"Harapannya ke depan banyak lagi sponsor yang meramaikan sepak bola Indonesia,” imbuh Hamka seperti dilansir dari JUARA.

Sejak dikeluarkannya peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2011, bahwa klub sepak bola professional dilarang menggunakan APBD, klub harus mandiri dan berlomba menjadi daya tarik sponsor.

Dengan adanya aturan tersebut maka perlahan mulai mengubah kebiasaan klub, terutama tim yang berbasis perserikatan yang banyak bergantung pada APBD. Mereka dituntut harus lebih kreatif untuk menggaet sponsor.