Follow us @ongisnadeNet

Ini Janji Moeldoko Jika Terpilih Jadi Ketum PSSI



Calon Ketua Umum PSSI sekaligus Mantan panglima TNI Moeldoko telah memiliki gambaran apa saja yang akan dia lakukan jika terpilih menjadi Ketua Umum PSSI. Pertama adalah ia ingin menjauhkan PSSI dari kepentingan politik dan akan memperbaiki manajemen sepakbola Indonesia serta ia akan menggali talenta-talenta berbakat yang ada Indonesia.  

“Pasti saya lakukan perubahan, akan gali semaksimal mungkin potensi. Anak-anak kita harus digali terus dari desa, kecamatan, harus digiatkan lagi kompetisi (usia muda)-nya. Harus ada penjaringan dari seorang ahli yang memiliki kecermatan yang tinggi. Kalau saya mengistilahkan konteks manajemen ada talent manajemen statistik sehingga bisa terjaring,” kata Moeldoko, Rabu (14/9/2016).

Kedua, yang perlu dibenahi adalah coorporate culture. Saat menjadi panglima TNI, coorporate culture kepada prajurit bisa ia benahi. "Saya akan bisa benahi dengan baik coorporate culture yang ada di PSSI,” tegasnya.

Moeldoko juga melihat selama ini PSSI selalu dijadikan alat politik dan itu tidak boleh terjadi jika ia terpilih menjadi Ketua PSSI. Menurutnya, PSSI dan pemerintah harus bekerjasama dan mempunyai hubungan yang baik. “PSSI dan pemerintah harus ada strategyst partnership antar keduanya karena dari situlah awal dari sebuah prestasi dimulai.” ungkap Moeldoko.

Moeldoko mengungkapkan hal tersebut ketika acara nonton bareng pertandingan timnas Indonesia U-19 vs Thailand di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Indonesia sempat unggul dua gol namun akhirnya kalah 2-3 dari Thailand.

Disinggung mengenai pertandingan tersebut, Moeldoko mengaku tidak terlalu paham mengenai teknis karena memang bukan kapasitasnya. Namun, mantan Panglima TNI itu menilainya dari segi mental. “Saya lihat dari sudut pandang saya, karena saya tidak ahlinya. Saya mengamati dari sisi teknik tidak beda jauh, hanya emosi perlu dibenahi,” ujarnya.

Sebelumnya, Moeldoko telah dinyatakan lolos oleh Komite Pemilihan bersama delapan calon lainnya dari total 18 calon yang mendaftarkan diri.