Follow us @ongisnadeNet

Selamat Ulang Tahun, Singo Edan

created by ico Wednesday, 10 Aug 2016



Pada tanggal 11 Agustus 2016, klub kebanggaan arek Malang kini berulang tahun. Berdiri sejak tahun 1987,  kini Arema sudah menginjak pada umur menjadi 29 tahun.

29 Tahun merupakan sejarah yang panjang bagi Arema sendiri. Klub yang dibesarkan di Malang ini memang sudah meluas di berbagai dunia. Siapa sih yang tidak kenal dengan Arema dan Aremania?

Perjalanan Arema selama 29 tahun memang cukup-cukup terasa dalam diri saya pribadi. Kecintaaan warga Malang terhadap Arema memang luar biasa sekali, setiap sudut kota pasti ada tulisan-tulisan, mural, bahkan bendera-bendera Arema yang dipasang di sepanjang jalan.
 
Bukan hanya warga Malang saja yang mempunyai komunitas Aremania, hampir di seluruh Indonesia mempunyai komunitas-komunitas Aremania seperti Aremania Jogja, Aremania Jambi, Aremania Banyuwangi, Aremania Plat AE dan Aremania-Aremania di penjuru lainnya. Bahkan tidak hanya di Indonesia saja, saya pernah melihat ada flag yang bertuliskan Aremania Malaysia. Terbukti bahwa Arema tidak kemana-mana, tapi Arema ada dimana-mana.

Aremania memang suporter yang memiliki kreativitas-kreativitas yang luar biasa. Sudah banyak yang mereka berikan untuk Arema. Klub yang bejuluk Singo Edan ini memiliki sejarah yang panjang dan besar. Saya sendiri mengenal Arema saat saya duduk di kelas 6 SD, dan sekarang sudah duduk di kelas 3 SMA.

Pada saat Arema away di Madiun, di stadion wilis kota Madiun, pada tahun 2005 saya teringat pada waktu itu ada kejadian rivalitas antara Aremania dengan suporter Pasuruan.  Memang, saya tidak tau persis apa yang terjadi pada saat itu. Dan saya hanya melihat setelah usai pertandingan tersebut.

Semoga di umur 29 tahun ini, Arema lebih militan dan bisa memberikan yang terbaik untuk para Aremania dan Aremanita. Mungkin kritikan dari para Aremania bisa membuat Arema semakin tangguh dan solid. Tanpa kritikan dari Aremania, Arema lemah.

Kritik dan saran memang penting untuk menginstropeksi diri Arema sendiri, apa kukurangan dan apa kelebihan dari Arema sendiri. Saya berharap juga agar Aremania lebih kreatitif lagi dan semoga saja chant-chant rasis tidak di nyanyikan lagi ketika Arema berlaga.

Selamat Ulang Tahun Arema!

Ditulis oleh Rizhal Putra (rizhalputra12@gmail.com)


Opinion