Follow us @ongisnadeNet

Yo Umak Iku Aremania

created by ico Monday, 25 Jul 2016



Dalam beberapa pertandingan kandang terahir Arema, stadion Kanjuruhan tidak pernah penuh bahkan dalam laga terakhir menghadapi Perseru stadion tak sampai terisi separuh.

Dari nawak nawak ada beberapa hal pertama yang jelas adalah terlalu malam jelas saja dengan main jam 9 dan estimasi selesai jam 11 malam Aremania yang notabene mayoritas berada atau bertempat tinggal di Malang kota, Batu bahkan Nojup (Pujon) akan merasa keberatan karena disamping itu pertandingan digelar pada hari efektif.

Coba bayangkan aremania asal nojup ketika pertandingan selesai jam 11 sampai rumah jam berapa belum lagi esok pagi kembali ojrek (kerja). Bayangkan kalau. Sepertinya soal masalah ini stadion Gajayana jadi solusi pas dikarenakan posisi ditengah kota dan tidak terlalu jauh dari kota Malang Batu dan Malang barat yang basis Aremanianya juga besar.

Mungkin Gajayana bisa lah kalau dipakai hanya untuk laga yang bukan big match atau laga yang digelar terlampau larut dengan catatan ada pembenahan untuk penerangan stadion Gajayana agar sesuai dengan yang ditentukan oleh PT. GTS selaku operator.

Dan permasalahan yang kedua adalah tak semua yang hadir di kanjuruhan adalah suporter, bingung? Maksudnya begini saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa permainan Arema kurang atraktif dan cenderung pragmatis dan selalu mengedepankan hasil akhir, sah sah saja memang karena hakikat dari pertandingan adalah mencari kemenangan.

Lah disinilah akan kelihatan bedanya antara penonton dan suporter. Dikala permainan kurang menghibur walaupun rekor dikandang hanya sekali tidak menang (itupun hasil imbang) penonton akan malas datang ke stadion karena permainan tidak menghibur karena yang dicari penonton adalah tontonan dan hiburan yang menghibur bukan permainan membosankan yang penting hasil akhir!

Lah disinilah suporter akan tetap datang walaupun menang pragmatis walaupun menang atraktif walaupun seri walaupun kalah tetap datang ke stadion karena hakikatnya suporter adalah mensuport dan mendukung.

Lah umak umak sing tetep oket (datang) ke Kanjuruhan menerjang permasalahan permasalahan sing ta tulis nde nduwur YO UMAK IKU AREMANIA!

Ditulis oleh @indra_ndomby, Aremania Utab


Opinion