Follow us @ongisnadeNet

Stadion Ipes, Salah Apais?

created by ico Monday, 25 Jul 2016



Arema kembali berhasil memetik poin penuh kala menjamu Perseru Serui di Stadion Kanjuruhan,Kabupaten Malang (22/7/2016) malam. Namun dibalik kemenangan yang sangat berharga karna kemenangan tersebut kembali mengembalikan Arema ke puncak klasemen sementara hingga pekan ke-11 TSC 2016 adalah stadion Kanjuruhan yang sepi penonton.

Kenapa? Mengapa? Dan salah siapa yang menyebabkan Kanjuruhan sepi penonton? Mengapa seolah-olah animo para masyarakat Malang Raya terutama Aremania menurun dan tidak seperti biasanya?

Mungkin sebagian besar Aremania mempermasalahkan (atau bahkan hanya sebagian kecil) waktu kick off. Iya jadwal pertandingan memang sempat menjadi kambing hitam dalam hal ini. Jam dimana kita seharusnya sudah berada dikamar dengan sekedar tidur-tiduran santai atau bahkan ada yang sudah tidur dan kali ini di jam tersebut harus beranjak ke stadion.

Apalagi ditambah dengan hawa dingin kota Malang, pastilah hampir sebagian besar Aremania lebih memilih menonton di layar kaca tentunya. Belum lagi jarak rumah ke stadion yang jauh,itu bisa menjadi salah satu faktor yang sangat diperhitungkan oleh para Aremania tentunya.

Masalah lainya (mungkin) karena jadwal TSC yang kerap berubah, semisal Arema harus main away tetapi diubah menjadi home terlebih dahulu. Iya ini memang keuntungan untuk tim karena diuntungkan bermain dihadapan suporternya sendiri, namun (mungkin) tidak menguntungkan bagi para Aremania,terutama Aremania Halokes (yang masih berstatus pelajar).

Harga tiket yang bisa dikatakan lumayan mahal bagi para pelajar mungkin menjadi masalah tersendiri bagi mereka. Intensitas laga home yang terlalu sering dengan jarak yang terlalu dekat (biasanya hanya selang 2-3 hari saja) menjadi biang masalah bagi mereka (baca: Aremania yang berstatus pelajar). Iya benar, bagaimana cara mendapatkan 'duit' untuk menonton laga Arema berikutnya?

Faktor lainya mungkin rasa bosan, yap benar sekali,rasa bosan bisa menghinggapi siapapun bahkan para Aremania sekalipun. Karena Arema (mungkin) terlalu sering bermain home bisa jadi menjadi alasan mereka untuk tidak menonton Arema karena bosan. Bukan bosan kepada klubnya ataupun pemainnya namun bosan lantaran terlalu sering. Iya tidak bisa dipungkiri hingga pekan ke-11 TSC, Arema baru memainkan 4 laga away, yakni ke Tenggarong (vs Mitra Kukar),ke Makassar (vs PSM), ke Lamongan (vs Persela) dan ke Bangkalan,Madura (vs Madura United).

Mungkin beberapa faktor diatas adalah faktor kenapa dan mengapa Stadion Kanjuruhan semalam sepi penonton, sebelumnya di laga menghadapi Semen Padang juga animo masyarakat terutama Aremania menurun. Selain faktor terlalu malam,jarak bermain yang terlalu dekat hingga rasa bosan karena terlalu sering menjadi sebab para Aremania enggan datang ke Kanjuruhan secara langsung.

Penulis : Iwan Setiawan
Twitter  : @iwanaremania87

 


Opinion