Follow us @ongisnadeNet

Pilih Pensiun, M Ridhuan Jadi Pekerja Industri Minyak?



Liga Singapura kedatangan Singapore Lions XII dan sejumlah pesepak bola senior Negeri Singa kena "gusur" paksa. Salah satunya eks pemain Arema, Muhammad Ridhuan yang kabarnya memilih pensiun dan jadi pekerja industri minyak.

Federasi Sepak Bola Singapura (FA) memutuskan menarik Singapore Lions XII dari keikutsertaan di Malaysia Super League (MSL). Otomatis, pemain-pemain tim asuhan Fandi Ahmad itu menyebar ke sejumlah klub S-League atau Liga Singapura.

Banyaknya pemain baru di klub-klub membuat kebijakan baru pun diambil. Klub-klub Liga Singapura yang mengambil pemain eks Singapore Lions XII otomatis memutuskan tak lagi mengontrak pilar lama, terutama pesepak bola senior yang usianya mulai menua.

Muhammad Ridhuan menjadi salah satu korban kehadiran Singapore Lions XII. Pemain sayap yang usianya baru 31 tahun ini telah memutuskan untuk pensiun dari sepak bola aktif. Ia kini menempa diri untuk karier baru di industri minyak dan gas.

"Saya sebenarnya masih bisa bersaing dengan anak-anak muda itu. Saya bisa kerja sama dengan mereka dalam keterampilan dan kecepatan," kata Ridhuan.

"Ini menyedihkan ketika Anda tahu, kami masih dapat menyumbangkan sesuatu untuk sepak bola Singapura. Namun karena bakat-bakat muda datang kembali, beberapa pemain senior seperti saya harus memberi jalan.”

Ridhuan tak mempersoalkan kedatangan para pemain muda itu, tapi ia mempersoalkan cara pengelolaan sepak bola Singapura. Menurutnya, pemangku sepak bola Negeri Singa tak memikirkan kehidupan pemain setelah tak aktif di sepak bola.

"Sekarang, saya merasa bahwa kami kurang dihargai sebagai pemain senior. Kami selalu berbicara tentang pemain S-League yang memiliki batasan gaji, tapi pemain Singapore Lions XII kembali dan tidak ada pembicaraan tentang gaji lagi,"

"Ada lebih banyak hak istimewa bagi mereka. Mereka harus memperlakukan setiap pemain dengan sama. Bahkan (eks pemain sayap Arsenal dan Liverpool, Jermaine) Pennant harus menjalani trial di klub. Tapi, pemain Singapore Lions XII diberikan tempat langsung oleh klub," lanjut Ridhuan.

Ridhuan kini menjalani kursus lanjutan dalam bidang teknologi petrokimia di NTUC Learning Hub. Ia masuk ke kampus tiga kali seminggu. Untuk waktu luang, Ridhuan sering ke Deep Cuts, kedai tukang cukur di Kampong Bahru. Ia suka menjalani kegiatan iseng jadi tukang cukur.

Sumber: sportsatu