Follow usĀ @ongisnadeNet

PSS vs PSIS, Lima Gol Bunuh Diri Disengaja. Memalukan !



Siapa tak ingat gol kontroversial mantan bek Timnas, Mursyid Effendi ke gawang Thailand di Piala Tiger (sekarang AFF) pada 1998 silam. Bek Persebaya saat itu bak seorang striker mencetak gol, namun ke gawang sendiri. Istilah sepak bola gajah pun membuatnya harus diskorsing dilarang bermain sepak bola seumur hidup.

Ternyata kejadian dilakukan Mursyid Effendi saat itu, menular dalam laga babak delapan besar Divisi Utama Grup P antara PSS Sleman kontra PSIS Semarang di Stadion Sasana Krida, Sleman, Yogyakarta, Minggu (26/10) sore. Tak tanggung-tanggung, lima gol dengan proses ala Mursyid Effendi tersaji sore tadi dengan skor akhir 3-2 untuk kemenangan PSS Sleman.

Kedua tim menyajikan tontonan sepak bola dagelan sejak peluit kick-off dibunyikan. Seluruh pemain kedua tim tak berhasrat mencetak gol, apalagi menang. Baik tuan rumah PSS maupun tamunya PSIS, sering bermain-main di daerahnya sendiri di kotak penalti masing-masing tanpa ada keinginan menyerang.

Bahkan pemain PSIS, Saptono harus menjadi bek PSS Sleman agar gawang Sleman terhindar dari kebobolan pemainnya sendiri. Seolah bermain dagelan ataupun sepak bola gajah dalam laga inipun akhirnya dimulai pada menit 78. Gelandang PSS, Agus Setiawan menceak gol ke gawangnya sendiri

Gol bunuh diri akhirnya dihadirkan pemain PSS pada menit ke-78 melalui kaki gelandangnya Agus Setiawan. Agus melepaskan tembakan ke gawangnya sendiri di mana tidak direspon kipernya, Riyono. Sepuluh menit berselang, kembal pemain PSS Sleman, Hermawan Putra Jati mengoyak gawangnya sendiri dan membuat PSIS Semarang unggul 2-0.

PSIS sejak awal juga tidak berniat menang, merasa kesal melihat tim lawan mencetak dua gol bunuh diri. Tim berjuluk Mahesa Jenar inipun tak tanggung membalas tiga gol bunuh diri di sisa waktu pertandingan. Gol bunuh diri pertama PSIS lahir dari Fadli Manan menit ke-89, dua gol bunuh diri lainnya oleh Komaedy menit ke-90 dan 91.

Hingga laga bubar, PSS Sleman menang 3-2 atas PSIS Semarang. Kemenangan diraih PSS ini membuat Elang Jawa berada di posisi puncak klasemen dengan 14 poin dan PSIS berada di posisi kedua dengan 11 poin. Kedua tim memang sudah dipastikan lolos ke semifinal. (timlo/mia/adi)