Skip to main content

Follow usĀ @ongisnadeNet

Jacksen Tiago Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Senior



Badan Tim Nasional (BTN) akhirnya menunjuk Jacksen F Tiago untuk menjadi pelatih tim nasional Indonesia. Pelatih Persipura Jayapura itu akan menangani tim Merah Putih di kualifikasi Piala Asia 2015.

Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago ditunjuk jadi pelatih Timnas. (Foto: Ongisnade/Adi Kusumajaya) Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago ditunjuk jadi pelatih Timnas. (Foto: Ongisnade/Adi Kusumajaya)

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua BTN La Nyalla Mattalitti, setelah pihaknya menggelar rapat di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Dalam rapat tersebut juga terlihat beberapa tokoh seperti Tonny Welly, Andi Darussalam, Budiarto Sambasy, Kusnaeni, dan Nilmaizar. "Kami memutuskan bahwa BTN menunjuk Jacksen F Tiago sebagai pelatih timnas senior. Saya pun sudah meminta kepada manajemen Persipura agar diizinkan," ujar La Nyalla seperti dikutip dari kompas.com.

La Nyalla mengatakan alasan pemilihan Jacksen sebagai pelatih tersebut lantaran dinilai memiliki pengalaman melatih di Indonesia. Untuk posisi asisten pelatih, La Nyalla menyatakan, pihaknya menyerahkan hal itu kepada Jacksen.

"Pertimbangan kami karena melihat duet kemarin Jacksen dengan Rahmad Darmawan (RD) sudah cukup bagus. Tetapi, karena RD sudah menjadi pelatih timnas U-23, maka kami serahkan kepada Jacksen meski dia belum pernah menangani timnas. Ini karena persiapan kualifikasi Piala Asia 2015 tidak lama lagi. Semoga ada keajaiban," lanjutnya.

"Mengenai asisten dan perangkatnya, saya persilakan dia yang menentukan. Keputusan ini kami ambil karena pada Rapat Exco 9 April lalu, semua masalah pelatih-pelatih diserahkan kepada saya sebagai Ketua BTN."

"Hanya untuk kualifikasi Piala Asia 2015; kalau memang hasilnya bagus, kenapa tidak diteruskan. Sudah tidak ada calon-calon lain. Calonnya banyak, tapi kami lihat dari segi pengalaman. Itu pun Nil juga turut memberi persetujuan," pungkasnya. (kmps/mia)